Arti Incomplete Consignee Address di JNE dan Solusinya

Anisa 21 Nov 2023 3 Menit 0

Anda pernah menggunakan layanan JNE untuk kirim paket kemudian saat mengecek resi muncul status “Incomplete Consignee Address?” Memangnya apa sih arti INCOMPLETE CONSIGNEE ADDRESS?

Munculnya status tersebut bahkan membuat paket yang sebelumnya Anda beli dari Shopee atau kiriman biasa menjadi tertahan dan tidak sampai-sampai.

Akibatnya, pengiriman menjadi molor, sulit di-tracking, dan Anda harus mengajukan komplain paket ke JNE untuk mencari tahu kepastiannya.

Lantas bagaimana cara mengatasinya jika status resi JNE “Incomplete Consignee Address?” Berikut penjelasannya.

1. Apa Arti Incomplete Consignee Address?

solusi paket incomplete consignee address

sumber: Twitter.com/AmrulFawaid

Incomplete consignee Address adalah status resi pada JNE yang menandakan bahwa alamat penerima paket tidak lengkap sehingga pengiriman menjadi terhambat.

Dengan kata lain, paket yang Anda kirim atau paket yang Anda beli lewat Shopee belum bisa dikirimkan ke rumah penerima karena informasi alamat yang ditulis belum lengkap. Belum memenuhi syarat pengiriman JNE.

Mungkin Anda bertanya-tanya juga “Kenapa bisa begitu? Padahal selama ini pakai jasa ekspedisi lain, paketnya tetap sampai dan tidak ada masalah. Alamatnya juga sama!”

Nah, perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut bisa saja terjadi karena beberapa alasan.

Anda bisa mempelajari poin-poinnya di bawah ini!

2. Penyebab Incomplete Consignee Address

Jika saat cek resi JNE, kemudian muncul status “INCOMPLETE CONSIGNEE ADDRESS”, berarti:

  • Kesalahan admin atau petugas JNE saat input alamat penerima, sehingga saat proses pengiriman oleh kurir menjadi terhambat
  • Proses pengantaran paket terkendala karena kurir belum mengetahui rute yang dituju, kurang mengenal kawasan yang dituju, dan lain-lain
  • Adanya kesalahan sistem, sedang terjadi eror, dan lain-lain
  • Terjadi masalah operasional di luar kendali perusahaan ekspedisi
  • Penerima paket atau pengirim paket salah dalam mengetikkan informasi alamat secara lengkap
  • Berbeda dengan masalah misroute JNE, Incomplete Consignee Address juga bisa disebabkan oleh waktu atau jam operasional kurir yang sudah habis, sehingga paket dikembalikan ke gudang

Nah, jika sudah terjadi bagaimana cara mengatasi masalah pengiriman pada JNE, terutama keterangan alamat yang tidak lengkap? Mari simak solusi dari kami agar paket Anda segera diproses oleh pihak JNE.

3. Cara Mengatasi Incomplete Consignee Address

Sekarang Anda sudah tahu kan makna dan arti Incomplete Consignee Addres (Alamat Penerima Barang Tidak Lengkap)?

Sekarang saatnya mempraktikkan beberapa solusi untuk mengatasi masalah alamat penerima barang yang tidak lengkap ini supaya paket Anda tidak terlalu lama dibawa kurir keliling atau pun tertahan di gudang JNE.

Berikut cara menangani paket yang berstatus Incomplete Consignee Addres:

3.1. Mention Akun JNE di X (Twitter)

Kenapa status paket incomplete consignee address

sumber: Twitter.com/panggilgs

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika status resi “Alamat Tidak Lengkap”, silakan mention akun @JNEcare atau @JNE_ID.

Ini berlaku bagi Anda yang memiliki akun X atau Twitter ya.

Contohnya seperti ini dan nanti akan ditanggapi serta diproses langsung oleh admin JNE.

Apabila Anda tidak memiliki X, maka bisa menggunakan media sosial lain seperti:

  • Kirim DM atau komen ke postingan Instagram @JNE_id
  • Kirim pesan atau tinggalkan komentar di unggahan Facebook JNE

3.2. Hubungi Kantor Agen JNE Terdekat

status resi jne alamat penerima tidak lengkap

Cara kedua untuk mengatasi alamat tidak lengkap adalah menghubungi kantor agen JNE terdekat untuk mencari tahu kepastiannya.

Bagaimana cara menemukan kantor JNE terdekat dari rumah? Anda hanya perlu menyalakan fitur Lokasi di HP, kemudian buka Google Maps, dan ketikkan “Kantor JNE terdekat”.

Setelah itu, lihat nomor yang tertera di kantor JNE tersebut dan hubungi lewat telepon atau WhatsApp.

Selanjutnya, Anda dapat menanyakannya secara langsung ke petugas atau karyawan JNE, katakan nomor resi, dan tunggu solusi yang diberikan oleh pihak JNE.

3.3. Datangi Kantor JNE Terdekat

Selain menghubungi pihak JNE lewat telepon atau WhatsApp, Anda bisa mendatangi kantor JNE terdekat.

Jangan lupa bawa nomor resi paket yang bermasalah dan beritahu pada karyawan JNE bahwa status resi “Incomplete Consignee Address”.

Nantinya karyawan JNE akan memberikan solusi atau membantu tracking paket tersebut agar segera diproses lebih lanjut.

FAQ

Kenapa paket Incomplete Consignee Address?

Paket yang berstatus Incomplete Consignee Address berarti penulisan alamat penerima kurang lengkap, sehingga kurir JNE merasa kesulitan untuk mengantarkan paket tersebut hingga tujuan.

Kenapa paket JNE saya tidak bergerak?

Paket JNE yang tidak bergerak bisa saja disebabkan oleh beberapa hal, seperti: kondisi gudang JNE yang overload, waktu pemrosesan cukup lama, petugas belum melakukan update resi, dan sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah arti Incomplete Consignee Addres JNE yang sebenarnya.

Untuk mencegah masalah tersebut, pastikan tulis alamat paket JNE dengan benar dan lengkap. Seperti gang, cat rumah, warna pagar, dan sebagainya.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya dari Anisa Juniardy di Pluginongkoskirim.com seputar tips, tutorial, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


Sumber: Artikel ditulis berdasarkan hasil riset penulis dengan menggunakan media sosial agar memberikan hasil yang akurat dan memenuhi kebutuhan pembaca.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *