Adakah Cara Belanja di AliExpress Pakai Rupiah?

Nasikhun A. 18 Dec 2023 3 Menit 0

Sebelumnya diketahui bahwa cara belanja di AliExpress dapat dilakukan dari Indonesia menggunakan mata uang rupiah melalui dompet digital bernama DOKU Wallet. Tidak perlu punya kartu kredit terlebih dahulu.

Santer terdengar juga jika di AliExpress, Anda bisa beli baju bekas dari luar negeri melalui marketplace milik Alibaba Group, ini.

Benarkah adacara checkout barang di AliExpress pakai DOKU Wallet bagi pengguna asal Indonesia? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara belanja di aliexpress indonesia

AliExpress adalah situs jual-beli online dengan skala internasional milik Alibaba Group, salah satu marketplace terbesar asal Tiongkok. 

AliExpress memungkinkan pemilik bisnis kecil di China (semacam UMKM kalau di Indonesia) untuk menjual produknya ke seluruh dunia. 

Sayangnya, bagi Anda yang ada di Indonesia kini tidak bisa lagi membeli produk langsung dari China melalui aplikasi ini, karena kebijakan AliExpress yang terbaru hanya melayani pengiriman ke Asia Tenggara, kecuali Indonesia.

Kebijakan terbaru ini kemungkinan dikarenakan kecilnya permintaan yang datang dari Indonesia atau bisa juga karena AliExpress harus menyesuaikan kebijakan Indonesia yang dirasa belum bisa, sehingga mereka menutup opsi tersebut.

2. Alasan AliExpress Tidak Memasukkan Indonesia dalam Tujuan Pengiriman

Sejak Oktober 2023, region atau daftar wilayah Indonesia sudah tidak terdaftar di AliExpress lagi. Hal ini berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang masih terdaftar di situs atau aplikasi belanja online luar negeri ini.

Mulai dari Malaysia, Singapore, Filipina, Myanmar, Vietnam, hingga Brunei Darussalam bahkan masih terdaftar di AliExpress.

Jadi, meskipun Anda coba mengakses aliexpress.id, tetap saja opsi pengiriman ke Indonesia sudah tidak tersedia lagi.

Cara belanja di aliexpress setelah diblokir
Keterangan: indonesia sudah tidak bisa ditemukan lagi dalam daftar negara tujuan pengiriman

Mengapa demikian? Rupanya ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam undang-undang atau Kemendag no 31 2023 yang berkaitan dengan pembelian barang-barang impor dengan harga dibawah 100 USD.

Lebih tepatnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah resmi mengeluarkan aturan yang berisi larangan bagi toko online lintas negara untuk menjual barang impor di bawah 100 dolar AS atau setara Rp 1,5 juta guna melindungi UMKM dalam negeri.

Oleh karena itu, setiap pembelian barang impor yang nilainya minimum 100 dollar US harus melalui pihak e-commerce yang menyediakan fasilitas perdagangan corss border atau lintas negara.

Lalu bagaimana jika ingin belanja barang di AliExpress?

3. Tips Belanja di AliExpress bagi Pengguna Indonesia

Beberapa tips berikut bisa Anda coba jika menginginkan produk yang ada di AliExpress:

ADVERTISEMENT

3.1. Gunakan Jasa Jastip

Anda dapat menggunakan jasa titip teman atau kenalan yang sedang trip ke Malaysia.

Infokan jauh-jauh hari mengenai barang yang ingin Anda beli di AliExpress agar tidak kehabisan stok.

ADVERTISEMENT

3.2. Cari Alternatifnya di Marketplace Indonesia

Sebagian produk atau barang yang dijual di AliExpress juga ditemukan di berbagai marketplace yang beroperasi di tanah air.

Sebut saja seperti di Lazada, Blibli, Shopee, dan lainnya.

Anda bisa mencarinya dengan kata kunci yang sama atau gunakan fitur lensa Google untuk mencari produk serupa di marketplace lain.

ADVERTISEMENT

3.3. Periksa komentar atau feedback dari pelanggan

Review di toko tersebut positif atau negatif bisa menjadi bahan Anda sebelum memutuskan membeli. 

Selain itu, seberapa banyak transaksi yang telah dilakukan di toko tersebut juga bisa menjadi indikator kepercayaan pelanggan.

4. Kelebihan AliExpress

Meski saat ini sudah banyak aplikasi marketplace seperti Tokopedia, Lazada, hingga Shopee, tapi minat masyarakat pada AliExpress tidak surut. 

Ini karena AliExpress menyimpan kelebihan sebagai berikut:

4.1. Tidak Harus Download App

Belanja di AliExpress tidak mengharuskan Andadownload aplikasinya, karena bisa langsung menggunakan browser.

Tampilannya pun sudah sesuai dengan HP. Jadi pengguna HP mudah sekali dalam mengoperasikannya. 

4.2. Barang Super Murah

Barang di AliExpress bisa sangat murah karena kebanyakan penjualnya adalah langsung dari pabrik asalnya.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *