3 Cara Membatalkan Shopee Pinjam Via Call Center, Mudah & Gratis!

Ayu Triworo 09 May 2022 4 Menit 0

Bisa nggak sih membatalkan Shopee Pinjam yang sudah diajukan? Meski tidak ada fitur otomatis di aplikasi, cara membatalkan Shopee Pinjam bisa dilakukan dan mudah.

Penasaran gimana caranya? Di artikel sebelumnya, kita sudah bahas cara mendapatkan Shopee Pinjam, cara pinjam Shopee berikut cara aktifkan Shopee Pinjam melalui berbagai perangkat.

Nah, melalui tulisan berikut kita mau bahas bagaimana mengajukan pembatalan permintaan yang sudah terlanjut dibuat di Shopee Pinjam. Yuk, simak!

Apakah Pinjaman Shopee Pinjam Bisa Dibatalkan?

Jawabannya: bisa.

Shopee Pinjam merupakan fitur pinjaman online yang tersedia di aplikasi Shopee, selain Shopee PayLater. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mendapat pinjaman secara online dengan bunga kecil.

Berbeda dengan ShopeePay, SPinjam hanya tersedia bagi pelanggan terpilih. Fitur ini menyediakan banyak kemudahan dna penawaran menarik.

Meski demikian, adakalanya ingin membatalkan transaksi yang sudah dibuat atau bahkan beberapa pengguna ingin menghapus SPinjam.

Alasannya bermacam-macam. Mungkin karena keberatan dengan aturan yang berlaku, seperti tenor, besaran bunga serta jatuh tempo pembayaran. Atau karena ingin mengganti metode peminjaman di platform lain.

Untungnya, permintaan SPinjam bisa ditunda alias dibatalkan. Hanya saja, ada syarat serta aturan khusus yang membolehkan Anda untuk membatalkannya.

Selain itu, proses pembatalan tidak dapat dilakukan secara otomatis dari aplikasi Shopee. Melainkan harus menghubungi call center Shopee untuk melakukannya.

Bagaimana Cara Membatalkan Shopee Pinjam?

Cara membatalkan transaksi di SPinjam sebetulnya hampir sama dengan cara membatalkan pinjaman di Akulaku maupun Rupiah Cepat. Untuk melakukan pembatalan, Anda hanya bisa memprosesnya melalui call center.

Hal ini dikarenakan Shopee belum menyediakan fitur pembatalan transaksi secara otomatis di aplikasi. Sehingga proses pembatalan akan dilakukan melalui call center dengan 3 cara yaitu (1) panggilan telepo, (2) email dan (3) live chat.

Namun, ada persyaratan serta beberapa hal yang perlu dipahami sebelum pengguna meminta pembatalan ke call center. Masing-masing akan dibahas dibawah ini.

Persyaratan

Ketika sudah mengajukan pinjaman namun berubah pikiran dan ingin membatalkannya, pastikan Anda memenuhi ke-3 persyaratan di bawah ini:

  • Status pengajuan pinjaman masih dalam proses verifikasi. Artinya, proses belum disetujui oleh pihak Shopee.
  • Uang pinjaman belum cair dan belum terkirim ke rekening bank di Shopee Pinjam yang terdaftar.
  • Akun Shopee tidak dalam masa peninjauan atau pembatasan.

Apabila salah satu syarat di atas tidak terpenuhi, misal pengajuan pinjaman sudah terverifikasi dan disetujui Shopee. Maka Anda sudah tidak bisa mengajukan pembatalan pinjaman dan harus membayar pinjaman+ bunga sesuai aturan yang berlaku.

Biaya Pembatalan

Terkait biaya, tidak ada biaya apapun yang harus Anda bayarkan untuk proses pembatalan pinjaman. Pihak Shopee tidak membebani pelanggan yang hendak membatalkan transaksi Shopee Pinjam.

Jika Anda ingin benar-benar melakukan pembatalan, Anda hanya perlu mengikuti alur dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak Shopee saat proses pengajuan.

3 Cara Membatalkan Pinjaman di Pinjam Shopee

Seperti yang sudah disinggung di atas, cara membatalkan pinjaman SPinjam hanya bisa dilakukan dengan menghubungi call center Shopee Pinjam.

Ada 3 metode yang bisa dilakukan untuk melakukan pembatalan melalui call center, yaitu via telepon, email dan live chat. Masing-masing caranya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Via Telepon

Cara pertama yang patut Anda coba untuk pembatalan SPinjam adalah menghubungi CS melalui panggilan telepon.

Cara ini merupakan pilihan tepat karena proses pembatalan dapat langsung dilakukan secara lebih cepat dan praktis. Namun, siapkan pulsa yang cukup dan koneksi stabil supaya panggilan lancar dan tidak terganggu.

Berikut langkah-langkahnya yang perlu Anda lakukan:

  • Hubungi call center Shopee melalui panggilan telepon di nomor kontak 1500702 atau (021) 39500300.
  • Setelah terhubung dengan CS Shopee, segera lakukan konfirmasi kepemilikan akun Shopee dengan menyebut nama akun dan username.
  • Atau Anda bisa langsung menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh CS.
  • Selanjutnya, sampaikan tujuan Anda, yaitu ingin mengajukan permohonan pembatalan pengajuan pinjaman SPinjam berikut alasan pembatalan.
  • Berikan info yang logis, jelas, rinci dan detail terkait alasan Anda mengajukan pembatalan.
  • Pihak CS akan mempertimbangkan alasan Anda, dan jika disetujui, maka pihak Shopee akan segera memproses pengajuan pembatalan.
  • Selesai.

Setelah menutup panggilan, tunggu beberapa saat agar CS memproses pembatalan. Apabila pengajuan berhasil dibatalkan, tim Shopee akan mengirimkan notifikasi pembatalan pinjaman melalui akun Shopee.

Halaman Selanjutnya
2. Live Chat...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.