Piutang Adalah: Definisi, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya dalam Akuntansi

Ayu Triworo 09 May 2022 5 Menit 0

Piutang adalah salah satu istilah dalam akuntansi yang mengacu pada aktivitas pemberian pinjaman berupa uang, barang atau jasa oleh seseorang / perusahaan kepada pihak lain. Beberapa dari kalian mungkin agak sedikit bingung membedakan istilah tersebut dengan hutang.

Apakah kedua istilah hutang piutang ini sama? Tentu saja tidak. Meskipun memiliki keterkaitan, tapi arti dari istilah tersebut sangat berbeda, bahkan berlawanan.

Nah, supaya Anda tidak bingung ketika melakukan transaksi utang piutang, yuk simak ulasan mengenai utang, piutang dan contohnya, jenis serta perbedannya di artikel berikut.

Piutang Apa Artinya?

Piutang diartikan sebagai uang, barang atau jasa yang dipinjamkan kepada orang lain yang nantinya akan ditagih oleh si peminjam. Pinjaman dalam piutang biasanya dilakukan secara kredit dengan pembayaran jangka waktu tertentu.

Secara umum, piutang kerap terjadi di perusahaan dan lebih dikenal dengan sebutan Account Receiveable atau AR. AR sendiri merupakan istilah untuk transaksi penagihan kepada konsumen perusahaan yang sudah berhutang.

Namun, saat ini piutang semakin melebar dan tidak hanya merambah dunia bisnis / perusahaan saja. Piutang banyak ditemukan juga pada transaksi perseorangan, piutang dagang dan berbagai transaksi keuangan lainnya. Bahkan, baru-baru ini piutang juga muncul sebagai salah satu istilah dalam online shop.

Untuk lebih jelasnya, simak definisi piutang menurut KBBI dan berbagai pakar di bawah ini.

Definisi Piutang

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, piutang berarti tagihan uang milik seseorang/perusahaan kepada pihak lain yang wajib dilunasi paling lama 1 tahun sejak keluarnya tanggal tagihan.

Jadi, bisa diartikan bahwa piutang merupakan hak milik perusahaan atau seseorang yang masih berada di tangan pihak lain. Hak tersebut bisa berupa pinjaman uang atau penjualan barang/jasa yang belum dibayarkan.

Berikut definisi piutang menurut para ahli:

  • Enny Pudjiastuti

Piutang adalah proses penjualan barang yang dilakukan secara kredit.

  • Horne

Piutang mencakup sejumlah pinjaman uang yang diberikan oleh perusahaan ke konsumen untuk membeli barang/jasa secara kredit.

  • Martono dan Harjito

Piutang merupakan sebuah tagihan pembayaran atas pembelian barang oleh pelanggan / pembeli yang membeli produk di perusahaan tersebut.

  • Soemarso

Piutang yaitu sebuah kebiasaan perusahaan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen saat melakukan pembelian barang. Kelonggaran yang dimaksud berupa izin untuk melakukan pembayaran di akhir atau membeli barang dengan membayar kemudian.

Dari beberapa definisi di atas, mungkin Anda sudah agak mengerti maksud dari tagihan piutang. Piutang merupakan hak pembayaran milik perusahaan atau seseorang atas jasa atau barang yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Bagi perusahaan, piutang merupakan aset lancar sehingga harus jelas pembayaran, saldo piutang, kartu piutang serta tanggal jatuh temponya.

Contoh Piutang

Setelah membahas definisinya, selanjutnya akan kita ulas sedikit mengenai piutang adalah dan contohnya.

Contoh piutang dapat Anda lihat melalui ilustrasi berikut ini:

Misalnya, PT X menjual 1000 set komputer kepada Universitas Y seharga Rp 500 juta, namun uang pembayarannya baru akan diberikan pada akhir tahun.

Pada contoh kasus ini, piutang merupakan uang hasil penjualan komputer sebesar Rp 500 juta. Uang tersebut adalah hak PT X namun masih belum dilunasi oleh Universitas Y sebagai pelanggan.

Dalam hal ini, piutang adalah benefit atau keuntungan penjualan komputer, namun uangnya masih dipegang oleh pelanggan. Jadi, kesimpulannya PT X akan menerima uang sebesar Rp 500 juta di akhir tahun.

Tapi, karena belum sampai jangka waktu yang sudah disepakati, Universitas Y masih menyimpan uang tersebut. Maka, uang sebesar Rp 500 juta inilah yang disebut piutang milik PT X.

Halaman Selanjutnya
Selain contoh di atas, Anda...

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.