ADVERTISEMENT

Cara Cek Resi DHL Luar Negeri Via Website & App [Mudah, Cepat, Akurat]

Posted on 30 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Mau tracking DHL pengiriman paket luar negeri ke Indonesia tapi belum tahu caranya? Sebagai perusahaan pengiriman asal Jerman, cara cek resi DHL memang cukup membingungkan bagi sebagian pengguna. 

Selain karena situs resminya menggunakan bahasa asing, ada beberapa perbedaan prosedur dalam pengiriman. Meskipun, baik layanan, sistem tracking dan fitur lainnya tidak jauh berbeda dengan jasa ekspedisi lokal. 

Khusus buat kalian yang sedang menantikan paket DHL dari luar negeri, yuk lacak paketmu sekarang. Cara cek resi DHL Express cukup mudah kok. Kalau masih bingung kamu bisa ikuti tutorialnya berikut ini. 

ADVERTISEMENT

Cara Cek Resi DHL Express

Sama seperti lacak pengiriman luar negeri lainnya, cek resi DHL luar negeri sebetulnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan DHL tracking Number untuk melakukan pelacakan melalui website dan aplikasi resmi perusahaan pengiriman tersebut. 

Jika tidak melalui situs resmi, kamu juga bisa gunakan situs alternatif lain yang menyediakan layanan tracking jasa ekspedisi ini.

Contoh Resi DHL

Mungkin beberapa dari kalian masih ada yang bingung seperti apa sih nomor resi DHL dan dimana menemukan kode DHL tracking ini. 

Saat paket dikirimkan dengan DHL Express, pengirim paket biasanya akan mengabari nomor resi atau yang biasa disebut nomor AWB (Airway Bill).

ADVERTISEMENT

Nomor resi DHL terdiri dari rangkaian 10 digit angka, misal 9979633313. Untuk melacak paket, kamu hanya perlu menginput nomor tersebut ke kolom tracking / pelacakan.

Ada 2 pilihan yang bisa kamu lakukan untuk melacak nomor resi, yaitu melalui (1) website resmi dan (2) aplikasi resmi DHL. Masing-masing caranya bisa dilihat pada ulasan berikutnya di bawah ini.

1. Cek Resi DHL lewat Situs Web

Cara cek no resi DHL melalui website resmi adalah sebagai berikut:

  • Buka web browser di perangkat, buka tautan berikut https://www.dhlexpress.nl/en.
  • Klik menu Track and Trace.
  • Pada halaman tersebut, kamu akan diberi 2 pilihan untuk melakukan pelacakan, (1) via aplikasi dan (2) via website.
  • Untuk tracking secara langsung via website, klik Go to Track en Trace.
  • Masukkan 10 digit nomor resi / nomor AWB pada kolom Track Shipment.
  • Periksa kembali nomor tersebut, jika sudah sesuai klik Track Shipment untuk memulai pelacakan.
  • Selesai. Tunggu beberapa waktu dan sistem DHL Express akan menampilkan detail status pengiriman dan posisi paket.

Selain cara di atas, kamu juga bisa gunakan tautan https://www.dhl.com/id-en/home.html  untuk melacak lebih dari 1 paket sekaligus.

2. Cek Resi DHL lewat Aplikasi

Sementara jika ingin lebih praktis, kamu bisa lakukan pelacakan melalui aplikasi my DHL. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik DHL Express dalam satu aplikasi. 

Untuk mengecek nomor resi DHL dengan aplikasi, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Download my DHL di ponsel melalui tautan https://www.dhlexpress.nl/en/download-the-app.
  • Setelah aplikasi terunduh, tunggu proses instalasi selesai dan buka aplikasi.
  • Di halaman Beranda / Home, klik pada bagian Track your DHL Express Shipment yang ada di bagian atas.
  • Masukkan 10 digit nomor resi / AWB.
  • Periksa kembali nomor resi, jika sudah sesuai klik tombol Track.
  • Selesai. Aplikasi akan menampilkan informasi paket berikut status pengiriman secara otomatis.

Dengan kedua cara di atas, kamu bisa dengan mudah mengetahui dan memantau paket secraa cepat dan akurat dimana saja dan kapan saja.

ADVERTISEMENT

Bukan itu saja, DHL juga menyediakan layanan untuk mengecek status bea cukai. Ketika melacak paket, kamu akan menerima informasi mengenai status bea cukai serta tindakan apa yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan prosedur terkait paket tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari berbagai aksi penipuan kiriman paket luar negeri yang kerap mengintai melalui pengiriman internasional.

3. Cek Resi via Website Alternatif Lainnya

Selain menggunakan situs dan aplikasi resmi seperti di atas, cek resi DHL juga bisa dilakukan melalui situs alternatif lainnya.

Beberapa situs yang menyediakan fitur tracking DHL Express adalah sebagai berikut:

  1. https://www.cekpengiriman.com/ (CekPengiriman.com).
  2. https://cekresi.com/ (Cekresi.com).
  3. https://cekresipaket.com/ (cekresipaket.com).
  4. https://paketmu.com/cara-cek-resi-dhl-express-tracking/ (paketmu.com).
  5. https://parcelsapp.com/id/carriers/dhl-express (parcelsapp.com).

Sedangkan untuk pelacakan paket lokal Indonesia dan paket luar negeri menggunakan jasa pengiriman NCS dan Trawslben, kamu bisa gunakan fitur Cek Resi yang ada di situs kami. Kami juga menyediakan fitur Cek Tarif untuk menghitung estimasi biaya pengiriman.

Sekilas tentang DHL Express

Setelah mengetahui cara cek paket DHL di atas, yuk simak sedikit ulasan mengenai jasa pengiriman asal Jerman ini. DHL Express merupakan perusahaan cargo yang berdiri tahun 1969 di Jerman.

ADVERTISEMENT

Perusahaan ini terbilang besar, karena sudah melayani pengiriman internasional di lebih dari 220 negara dengan jumlah agen dan pegawai mencapai 380 ribu yang tersebar di seluruh dunia.

Hingga saat ini, DHL tercatat sudah mengirim sekitar 1,5 miliar paket ke penjuru dunia setiap tahun. Menariknya lagi, perusahaan ini bahkan sudah menyediakan jalur pengiriman kargo ke bulan.

Khusus DHL Express Indonesia, saat ini sudah ada sekitar 70 mitra serta 140 titik pelayanan yang meliputi pusat layanan, kantor, gudang dan gateway. DHL Express juga telah memberikan kontribusi besar pada industri pengiriman melalui 19.700 TEU kargo laut.

Kelebihan & Kekurangan DHL Express

Sebagai jasa ekspedisi cargo internasional yang sudah memiliki nama, DHL Express tak luput dari kelebihan dan kekurangan. Berikut masing-masing kelebihan serta kekurangan DHL Express.

Kelebihan:

  • Pelayanan terbaik dengan jaminan garansi.
  • Dapat memilih kemasan pengiriman sendiri.
  • Memiliki jaringan yang luas berskala internasional.
  • Sistem pengiriman dan akses pengguna yang canggih.
  • Kemudahan dalam tracking.

Kekurangan:

  • Tarif pengiriman relatif mahal.
  • Regulasi pengiriman yang cukup sulit.
  • Ada resiko keterlambatan pengiriman.

Jenis Layanan

DHL Express menyediakan semua jenis layanan pengiriman dengan asuransi, baik itu paket maupun cargo. Untuk layanannya sendiri, DHL Express menyediakan beberapa pilihan, diantaranya:

  1. Kiriman Sabtu, pengiriman di jadwal tambahan di luar jam kerja reguler, yakni pada hari Sabtu dengan berat maksimal 300 kg.
  2. Dedicated Delivery, pengiriman di hari libur di luar jam order normal. Layanan ini memakai jasa kurir khusus yang akan menjemput dan mengantar paket ke alamat tujuan.
  3. Dedicated Pick Up, pengiriman cepat di luar jam order normal. Layanan ini memakai jasa kurir khusus yang akan menjemput dan mengantar paket ke alamat tujuan.
  4. Pengiriman Netral, layanan pengiriman super rahasia. Pengirim bisa merahasiakan isi serta nilai dari paket yang dikirim dari pihak DHL.
  5. DHL Export, meliputi pengiriman Express, Worldwide, Jumbo dan Easy.
  6. DHL Import, meliputi pengiriman Express, Worldwide, Jumbo dan Easy.

Selain beberapa layanan di atas, DHL Indonesia juga menyediakan layanan Extended Liability khusus paket dokumen dan surat berharga seperti paspor, visa, kartu identitas, dan sertifikat.

DHL juga menawarkan layanan permintaan pick up bagi customer sehingga kamu dapat mengajukan layanan alamat residential untuk pengantaran paket ke alamat secara langsung.

Asuransi

Salah satu kelebihan DHL adalah jaminan asuransi dan proteksi tambahan terhadap paket. Dengan begitu, paket kamu akan terlindungi dari berbagai resiko baik internal maupun eksternal.

Jaminan asuransi DHL dapat kamu nikmati melalui pengiriman paket Express, namun dengan beberapa syarat dan ketentuan. Untuk informasi syarat dan ketentuan asuransi bisa dilihat di situs resmi DHL.

Customer Service

Jika kamu mengalami kendala pengiriman atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang layanan ekspedisi, keagenan dan lainnya, silakan menghubungi DHL tracking customer service melalui call center berikut:

  • Telepon : (021) 7917 3333
  • Hotline : 0800 1 333 333 (24 jam)
  • Fax : (021) 7919 6688

Daftar Kantor Cabang & Agen DHL Express

Berikut daftar alamat kantor pusat, cabang dan Service Point DHL yang bisa kamu hubungi di beberapa wilayah di Indonesia.

  • Kantor Pusat : Siemens Business Park, Building F, Jl. MT. Haryono Kav. 58-60
    Jakarta Selatan 12780.
  • DHL Express Bandung : Jl. Cihampelas No.177, Bandung, Jawa Barat, 40117, Telepon (022) 20382445.
  • DHL Express Service Point Bandung : Jl. Dr. Djunjunan No. 127, Bandung, Jawa Barat, 40173, Telepon 0812 – 2154 – 5151.
  • DHL Express Semarang : Jl. Pamularsih Raya No.121, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50149, Telepon 0800 – 1333 – 333.
  • DHL Express Service Point Semarang : Jl. Jenderal Sudirman No.300-302, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50145, Telepon (021) 760 5680.
  • DHL Express Service Point Yogyakarta :  Jl. Jenderal Sudirman No.93, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55223, Telepon (0224) 511950.
  • DHL Express Service Point Sleman : Jl. Arteri Utara No.7, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55282, Telepon (0274) 4605204.
  • DHL Express Service Point Surabaya : Pertokoan Darmo Park II, Jl. Mayjen Sungkono, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60224, Telepon : 0838 – 4631 – 7725.
  • DHL Express Service Point Juanda : Bandar Udara Juanda, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, 61253.
  • DHL Express Bali : Bali Logistic Park, Jl. Bandara Ngurah Rai No.181, Badung, Bali, 80361, Telepon 0800 – 1333 – 333.

Kalau kebetulan berada di beberapa daerah di atas, kamu bisa kunjungi salah stau alamat kantor nya untuk memenuhi berbagai keperluan pengiriman dengan DHL Express.

Nah, itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara cek resi DHL. Selain cara melacak paket, kami juga sajikan beberapa informasi tambahan lain untuk menambah wawasan kamu.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke pembaca lainnya biar semakin berfaedah yaa, terima kasih sudah berkunjung.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Wajib Tahu! Panduan Sukses Jualan Online Makin Laris 2021 [Lengkap]

11 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Jualan online saat ini sudah menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan yang besar dan pengerjaannya pun cukup mudah serta modal yang dikeluarkan tidak terlalu menguras kantong. Bagi Anda yang menginginkan sukses …

Jam Kerja SiCepat Kantor Pusat, Cabang, Agen & Kurir [Terbaru]

8 Jul 2021 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari tau kapan hari dan jam kerja kantor SiCepat, baik di kantor pusat maupun cabang; scroll laman ini sampai bawah ya. Kami telah merangkum semuanya dan …

Midtrans vs Doku, Mana Payment Gateway yang Terbaik?

3 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Setelah sebelumnya kita membahas tentang 5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dua payment gateway yang paling populer di Indonesia, yaitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *