3 Cara Pasang Iklan di Tokopedia Pakai TopAds, Toko Jadi Banjir Pesanan!

Anisa Juniardi 15 Jan 2023 4 Menit 0

Cara pasang iklan di Tokopedia (TopAds) pada dasarnya sangat mudah. Hanya saja kamu harus menyiapkan budget atau anggaran yang tepat agar membuahkan untung sesuai ekspektasi.

Halaman TopAds disebut-sebut merupakan salah satu alternatif cara meningkatkan penjualan di Tokopedia agar nama toko serta produk muncul di halaman pertama pencarian marketplace.

Sebagai seller kamu juga bisa memilih opsi pengiklanan, baik itu otomatis yang ditentukan oleh sistem atau melalui pengaturan manual sendiri.

Lalu, gimana caranya pasang iklan di Tokopedia agar toko dikenal banyak pengguna? Simak dulu yuk!

Pengertian TopAds

TopAds adalah fitur promosi yang dibuat oleh Tokopedia dan diperuntukkan bagi seller agar brand (nama toko) dan produknya dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli serta meningkatkan intensita penjualan.

Seller dapat memilih aktivasi iklan secara otomatis yang akan dipilihkan atau diatur oleh sistem. Sementara aktivasi iklan secara manual berarti mulai dari pengelompokan juga pemilihan produk dilakukan sendiri.

Jika kamu ingin memanfaatkan fasilitas Tokopedia ini secara efektif, maka harus mengisi kredit TopAds Tokopedia terlebih dahulu.

Dijamin deh, cara jualan di Tokopedia akan lebih gampang kalau kamu pakai layanan situs belanja online yang satu ini!

Jenis-Jenis Iklan TopAds

Sebelum mengetahui cara pasang iklan di Tokopedia, ada baiknya kalau kamu memahami dulu jenis iklan TopAds yang bisa digunakan berikut ini!

  • Iklan Otomatis

Seluruh produk yang muncul di halaman strategis akan dipilih dan diatur oleh Tokopedia beserta biaya per kliknya. Penjual tinggal terima beres alias menyiapkan anggarannya saja.

  • Iklan Manual

Penjual dapat memilah dan memilih produk yang akan diiklankan, menentukan batasan biaya, serta memasukkan kata kunci (keyword) paling tepat supaya produk dapat ditemukan oleh pengguna dengan mudah.

  • Iklan Toko

Iklan toko umumnya akan muncul pada posisi teratas pada kolom pencarian pembeli.

Oleh karena itu, penjual harus menggunakan kalimat promosi yang tepat serta tahu betul cara menentukan ukuran foto produk di Tokopedia seideal mungkin.

  • Tokopedia Display Network

Iklan Tokopedia Display Network diperuntukkan bagi akun Power Merchant, Power Merchant Pro, dan Official Store.

Bentuk promosi berupa banner promosi yang akan ditampilkan di sejumlah halaman strategis Tokopedia.

Bentuknya lebih ciamik dan tampak profesional agar masuk dalam kategori produk terlaris di Tokopedia.

Biaya Iklan di Tokopedia

Setiap penjual yang ingin memanfaatkan iklan di Tokopedia, paling tidak harus menyiapkan budget minimal Rp25.000-Rp10.000.000,00 untuk anggaran hariannya.

Budget tersebut berlaku bagi seller Tokopedia yang memilih Iklan Otomatis.

Nah, jika penjual memilih Iklan Manual, maka angaran harian dihitung berdasarkan biaya per klik yang dibuat.

Tokopedia sendiri menetapkan biaya per klik untuk produk harga di atas 100 ribu minimal 1850 rupiah dengan anggaran harian minimum 74 ribu.

Itu artinya, kalau kamu mengatur biaya per klik 2 ribu, otomatis anggaran harian minimumnya sebesar 80 ribu rupiah.

Biaya iklan didasarkan pada jenis produk yang diiklankan oleh seller dan tidak ada ketentuan secara spesifik.

Jadi, makin tinggi biaya per klik yang kamu pilih, kian besar pula anggaran yang mesti dikeluarkan. Tentunya harga tersebut juga berbanding lurus dengan jumlah klik yang akan diterima oleh penjual.

Halaman Selanjutnya
Cara Pasang Iklan di Tokopedia...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Leave a Reply

Your email address will not be published.