Cara Rekber Tokopedia untuk Penjual, Aman dari Penipuan!

Moch. Nasikhun Amin 10 Jan 2023 3 Menit 0

Cara rekber Tokopedia bisa menjadi jalan ninja bagi penjual maupun pembeli yang ingin belanja online aman, sehingga terhindar dari penipuan.

Metode rekber dalam jual-beli di Tokopedia juga sebenarnya mirip dengan cara rekber di Shopee; yang membedakan hanya platform dan beberapa ketentuannya saja.

Bahkan marketplace ini juga sering memberi berbagai keuntungan seperti diskon barang, gratis onkos kirim hingga cashback. Lantas, bagaimana cara rekber di Tokopedia?

Berikut penjelasan lengkapnya. Markimak. Mari kita simak 😉 ~

A. Apa itu Rekber? Ini Penjelasannya

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama, yakni pihak ke tiga yang menyediakan layanan rekening untuk menyimpan dana, yang disetujui oleh pihak pertama dan pihak ke dua.

Sebenarnya siapapun bisa menjadi rekber, atau menjadi pihak ke tiga ini. Bahkan berbagai grup jual-beli di Facebook pun juga banyak yang menawarkan jasa rekber.

Jadi, ada tipe rekber yang 1.) berbentuk perorangan, seperti Pak Tri di Facebook; atau 2.) berbentuk orgranisasi atau perusahaan, ya, seperti Tokopedia ini.

Untuk melakukan transaksi di rekber perorangan memang kamu harus benar-benar teliti, memastikan bahwa orang tersebut tepercaya, dan sudah memiliki sepak terjang yang dapat diketahui.

Meski mengatakan “kami dapat dipercaya”, namun sebagai pengguna, tentu kata-kata demikian tidak cukup. Apalagi jika penyedia jasa menawarkan biaya layanan yang sangat murah, bisa jadi itu indikasi penipuan.

Jadi, apakah harga yang mahal jadi standar bahwa rekber itu bukan penipuan? Tidak juga. Harga yang mahal pun juga tidak bisa menjadi jaminan bahwa rekber tersebut aman.

Lantas, bagaimana mencari layanan rekber, atau istilah lainnya escrow, yang tepercaya? Apa sesuatu yang dapat menjamin keamanan transaksi dengan rekber?

Salah satu indikator bahwa rekber tersebut tepercaya adalah bahwa mereka sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Oleh karena Tokopedia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, tentu transaksi dengan sistem rekber di Tokopedia bisa lebih aman, ya. Karena mekanisme pengiriman dananya juga sudah jelas dan terjamin.

Lalu, bagaiaman cara rekber di Tokopedia sebagai penjual? Berikut cara mudahnya.

B. Cara Rekber Tokopedia untuk Penjual

Tata cara buat rekber di Tokopedia sama dengan cara jualan di Tokopedia, yakni menjadi penjual langsung di Tokopedia. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Tokopedia di Google Play Store untuk pengguna Android, atau di Apple App Store untuk pengguna iOS;
  2. Install aplikasi > ketuk menu Masuk > ketuk Daftar > lakukan pendaftaran dengan nomor ponsel atau email > ketuk Daftar;
    Cara rekber tokopedia
  3. Pilih Metode Verifikasi OTP, melalui nomor HP atau email > masukkan kode verfikasi;
    Cara rekber tokopedia
  4. Masukkan Nama Lengkap > masukkan PIN (6 digit angka) > ikuti alur verifikasinya;
    Cara rekber tokopedia
  5. Jika akun Tokopedia sudah jadi, silakan buka menu garis tiga di pojok kanan atas;
    Cara rekber tokopedia
  6. Ketuk Buka Toko Gratis > ikuti langkah selanjutnya;
    Cara rekber tokopedia
  7. Silakan isi Info Toko > ketuk Lanjut;
    Cara rekber tokopedia
  8. Isi survei pengalaman jualan sesuai fakta, kemudian ketuk Lanjut;
    Cara rekber tokopedia
  9. Masukkan lokasi toko (bisa alamat saat ini) > jika sudah, ketuk Pilih lokasi ini;
    Cara rekber tokopedia
  10. Toko kamu belum aktif, untuk mengaktifkan, silakan masukkan produk pertama kamu;
  11. Selesai, kamu sudah berhasil buat rekber Tokopedia sebagai penjual.

Nah, selanjutnya, jika kamu sudah memiliki pelanggan online, kamu bisa mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian dan transaksi melalui Tokopedia.

Apabila pembeli kamu masih belum pernah menggunakan Tokopedia, kamu bisa membantunya belajar cara belanja di Tokopedia untuk pengguna baru.

Selain itu, sebagai penjual, kamu juga bisa mempelajari cara meningkatkan penjualan di Tokopedia, agar produk kamu semakin laris dan menghasilkan banyak keuntungan.

Memangnya, apa keuntungan rekber di Tokopedia?

C. Keuntungan Rekening Bersama (Rekber) Tokopedia

Ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika menggunakan rekber Tokopedia. Berikut di antaranya:

a. Sebagai Penjual

  • Meningkatkan kredibilitas penjual. Karena ada fitur rating dan komentar di mana pembeli yang sudah melakukan transaksi bisa memberikan ulasan di Tookopedia.
  • Bisa lebih meyakinkan calon pelanggan/pembeli. Karena semakin tinggi rating dan banyak komentar positif, tentu calon pembeli akan lebih yakin ketika akan belanja di toko kamu.
  • Adanya keamanan dan kepastian bahwa dana sudah ditransfer pembeli. Jadi tidak perlu risau dan menghabiskan energi untuk berpikir apakah dana sudah dikirim atau belum.

b. Sebagai Pembeli

  • Adanya jaminan bahwa barang yang dipesan benar-benar sudah dikirim. Bahkan pembeli juga bisa melacak barang dengan cara cek resi Tokopedia.
  • Selain itu, pembeli juga mendapat jaminan jika barang yang dikirim tidak sesuai, maka uang akan kembali. Karena dana yang dikirimkan pembeli masih di tahan oleh pihak rekber, dalam hal ini Tokopedia. Jika pembeli sudah konfirmasi bahwa barang diterima dan sesuai, maka dana akan diteruskan ke penjual.
  • Tidak ada risiko penipuan dari sisi penyelenggara rekbernya. Karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

D. Sudah Paham Cara Rekber Tokopedia?

Sudah paham pengertian dan cara rekber Tokopedia, kan, ya? Selanjutnya, kamu bisa langsung melakukan transaksi dan berjualan di Tokopedia.

Apabila terdapat kendala atau ada masalah dengan belanjaan kamu atau saldo kamu di Tokopedia, kamu bisa coba cara komplain Tokopedia.

Ada masukan, kritik konstruktif atau saran apapun? Kamu dapat menyampaikannya melalui email kami di contact@tonjoo.com. Feedback dari kamu sangat berarti untuk kami 🙂

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir Gratis. Mudah. Akurat.

Bagi yan sering berkirim barang dan hendak melakukan cek resi atau tarif ongkos kirim, kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan layanan kami, loh. Selain itu juga 100% gratis.

Yuk, cek resi dan ongkos kirim pengiriman barang kamu.

Cara cek resi

Lacak di mana paket JNE, POS, Tiki, JNT, Wahana, Lion Parcel, Sicepat, dll dengan mudah, akurat, dan gratis hanya di Plugin Ongkos Kirim!


Baca juga artikel menarik di Plugin Ongkos Kirim yang terkait dengan Bisnis, Info Ekspedisi, Cara Belanja atau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pluginongkoskirim.com


Sumber:

  • Rekening Bersama – https://kamus.tokopedia.com/r/rekening-bersama/
  • Rekening Bersama Makin Populer, Ini Cara Kerja hingga Kelebihannya – https://katadata.co.id/redaksi/ekonopedia/629a164e58bc4/rekening-bersama-makin-populer-ini-cara-kerja-hingga-kelebihannya
  • [Buka Toko] Langkah Mudah Buka Toko di Tokopedia – https://seller.tokopedia.com/edu/cara-buka-toko/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Moch. Nasikhun Amin
Ditulis oleh

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.