ADVERTISEMENT

Review Jasa Pengiriman ID Express: Kelebihan Dan Kekurangan [2021]

Posted on 21 Jun 2021 By Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang sering belanja di Shopee pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan ekspedisi yang satu ini. Namun, masih banyak juga yang belum tau kelebihan dan kekurangan dari jasa pengiriman ID Express.

Memang semenjak melonjaknya minat belanja online membuat para perusahaan ekspedisi seperti JNE, J&T, TIKI, SiCepat, AnterAja, Ninja Express, dan lainnya memiliki peningkatan pengguna yang sangat signifikan termasuk ID Express.

Setiap ekspedisi khususnya yang ada di Indonesia secara umum memiliki layanan pengiriman yang relatif  sama, akan tetapi masing-masing terdapat kekurang dan kelebihan yang menjadi pembedanya.

ADVERTISEMENT

Nah, beranjak dari itu, pada artikel ini akan dikumpas tuntas untuk ekspedisi jasa pengiriman ID Express. Silahkan simak review lengkapnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman 2021 [+Lengkap]

Sekilah Tentang ID Express

Apa itu jasa pengiriman ID Express?

ID Express adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dan logistik berdiri pada tanggal 14 Februari 2019.

Memang terbilang baru, itu pun untuk memulai operasional pengiriman dan menjalin kerjasama dengan beberapa marketplace di pertengahan tahun 2020. Siapa sangka ekspedisi ini maju begitu pesat dalam waktu yang singkat.

Terbukti di akhir tahun 2020, ID Express telah memiliki karyawan sebanyak 20.000 orang profisional yang tersebar di berbagai penjuru wilayah di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Mungkin ada diantara kalian semua bertanya, apa itu ID Express di Shopee?

ID Express Shopee adalah bentuk kerjasama antara ID Express dengan Shopee yang merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung bulanan tertinggi di nomor urut ke-2 pada kuartal I (satu) di tahun 2021 setelah Tokopedia.

10 Jumlah Pengunjung E-commerce Bulanan Kuartal 1 Tahun 2021
10 Jumlah Pengunjung E-commerce Bulanan Kuartal 1 Tahun 2021 ©databoks.katadata.co.id

Dengan begitu banyak pengunjung Shopee ditambah lagi memiliki layanan pengiriman yang terbilang relatif murah dibandingkan dengan ekspedisi lainnya membuat ID Express kini mengalami kelonjakan pengguna yang cukup tinggi.

Apa lagi dengan menggunakan teknologi terdepan dengan sistem robot menjadikan layanan pengiriman ini sangat dipercaya di kalangan masyarakat, karen paket akan sampai dengan cepat, tepat, dan aman ke tangan penerima.

Baca Juga: Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli

Jenis Layanan Pengiriman ID Express

Untuk saat ini ada tiga pilihan jenis layanan pengiriman yang ditawarkan ID Express untuk para konsumennya, apa aja itu? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

Layanan Reguler

Layanan ini paling banyak digunakan oleh konsumen dengan estimasi waktu paket datang 3 hingga 5 hari kerja, selain itu harga ongkos kirimnya yang terjangkau sesuai jarak pengirimannya, ya.

ID Express Reguler bisa digunakan siapa saja untuk kiriman barang se Indonesia, tepat sekali jika Anda menggukan jenis layanan pengiriman ini untuk kiriman yang jauh misalnya antar kota.

Layanan Same Day

Layanan ini menawarkan pengiriman barang sampai di esok harinya, dalam waktu maksimal 24 jam barang sudah tiba di tujuan (alamat penerima).

Namun sangat disayangkan, layanan pengiriman Same Day ID Express ini beru bisa digunakan untuk wilayah Jabodetabek saja.

Layanan IDlite

IDlite menjadi layanan pengiriman unggulan ID Express, cukup dengan Rp6.000 saja dengan berat maksimal 500 gram (gr) barang atau paket akan tiba sampai ke tangan penerimanya.

ADVERTISEMENT

Sama dengan Same Day, untuk saat ini layanan IDlite ini baru bisa melayani pengiriman di wilayah Jabodetabek saja.

Beruntung sekali jika Anda masih berada di area tersebut bisa mengirimkan barang yang ringan seperti, dokumen, buku, aksesoris gadge, mainan anak, pakaian dan lain sebagainya dengan ongkos kirim yang sangat murah.

Nah, itulah layanan pengiriman yang dimiliki ID Express yang bisa dipilih para konsumennya. Oh iya, yang berjualan di Shopee bisa aktifkan jasa pengiriman ini di tokonya.

Sebab, selain dapat meningkatkan penjualan juga ID Express melayani penjemputan barang kiriman (Pick Up), jadi seller tidak perlu repot-repot mengantar paket ke counter ID Express terdekat.

Namun, kalau memang mau mengantar paket (Drop Off) ke counter ID Express terdekat masih tetap dilayani, kok. Jangan lupa, mencetak dan mencantumkan label pengiriman Shopee sebelum Drop Off ya.

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket Yang Benar Sesuai Standar Ekspedisi

Kelebihan dan Kekurangan ID Express

Anda harus tau apa kelebihan dan kekurangan dari ekspedisi ID Express, hal ini nantinya bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk menggunakan jasa pengiriman yang satu ini atau tidak.

Kelebihan ID Express

Berikut ini beberapa kelebihan dari jasa pengiriman ID Express yang harus Anda ketahui:

Ongkos Kirim Paket Terjangkau

Mulai dari Rp6.000 saja konsumen bisa mengirimkan paket  hingga sampai ketangan penerimanaya, Ini sangatlah efektif untuk lebih hemat biaya ongkir.

Tidak hanya itu, bahkan Anda bisa mendapatkan gratis ongkir jika menggunakan ID Express ini pada saat belanja di Shopee dengan menambahkan voucher atau promo dalam transaksi tersebut.

Malayani Penjemputan Paket (Pick Up)

Konsumen akan lebih dimanjakan dengan layanan ini, karena cukup siapkan barang di rumah maka akan ada kurir ID Express yang akan menjemputnya.

Apalagi para penjual, sungguh sangat terbantu dengan adanya layanan Pick Up ini, tidak perlu bolak-balik ke conter ID Express untuk mengantarkan barang pesanan. Belum lagi jika ramai pembelian, bisa kebayangkan betapa repotnya.

Memiliki Fitur Cek Resi, Tarif Ongkir, dan Lokasi ID Express Terdekat

Fitur ID Express

Untuk melakukan tracking paket ID Express tidak usah bingung lagi, karena dalam situs resminya telah dilengkapi fitur cek resi, sehingga para konsumen dapat dengan mudah memantau perkembanga proses pengiriman peketnya.

Situs resmi ID Express: idexpress.com

Selain itu, ada juga fitur cek tarif ongkir. Konsumen bisa mengetahui kisaran harga pengiriman paket dari tempat mereka berada (kota asal) hingga ke daerah tujuan.

Nah, bagi Anda yang ingin mendatangi counter ID Express terdekat, baik untuk mengantarkan barang kiriman maupun menanyakan sesuatu namun belum tau dimana lokasinya berada.

Anda bisa mengeceknya melalui fitus cek ID Express terdekat yang ada di situs resmi ID Express tersebut.

Oh iya, bagi yang belanja di Shopee untuk melakukan pelacakan pengiriman barang pesanan tidak perlu melalui Website ID Express lagi ya.

Karena kami sudah membuatkan panduan cara cek resi ID Express dari Shopee terlengkap yang bisa Anda baca dan ikuti langkah demi langkahnya.

Kekurangan ID Express

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa setiap ekspedisi jasa pengiriman pasti memiliki kekurangan, apalagi ID Express yang terbilang baru berdiri. Berikut ini beberapa kelemahannya:

Kantor Cabang Masih Sedikit

Wajar sih kalau masih sedikit, karena ekspedisi ini baru berdiri di awal tahun 2019. Pastinya semua butuh proses untuk membuka cabang dimana-mana membutuhkan waktu yang cukup lama.

Yah, tidak bisa dipungkiri dengan minimnya kantor cabang/agen ID Express menjadi salah satu penyebab terlambatnya pengiriman paket.

Rute Pengiraman Terkadang Salah

Kekurangan yang kedua, sering kali kurir harus meter-muter dulu untuk menemukan alamat penerima paket yang akan diantarnya. Hal ini mungkin disebabkan menggunakan robotik untuk mensortir alamat pengiriman.

Jika Anda melakukan tracking pengiriman dan ditemukan bahwa barang tersesat berada di rute yang berlawanan dari lokasi tujuan paket tersebut maka sudah pasti itu salah alamat.

Dari masalah ini tidak hanya konsumen yang merasa kecewa namun juga kurir yang membuat pengiriman jadi terlambat.

Nah, bila ditemukan kendala pengiriman sebaiknya Anda segera bertindak cepat yaitu dengan cara melakukan komplain di ID Express.

Baca Juga: Tips Packing Barang Agar Aman Sampai Tujuan Paling Lengkap

Sudah sampai sini, bagaiman pendapat Anda? Apakah tertarik menggunakan layanan ID Express?

Jika iya, Anda bisa memilih jenis layanannya mulai dari harga yang murah mulai Rp6.000 melalui IDlife, atau Same Day dengan waktu pengiriman sehari sampai, kalau untuk jarak jauh bisa gunakan yang Reguler saja dengan waktu sampai 3-5 hari.

Itulah sedikit info mengenai hasil review jasa pengiriman ID Express yang bisa kami sampaikan pada artikel ini. Jika ada pertanyaan silahkan disampaikan melalui kolom komentar yang ada di halaman ini paling bawah.

Mungkin cukup sekian, terimakasih banyak atas waktunya yang telah menyempatkan untuk membaca artikel ini dan semoga memberikan manfaat, ya!

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

7 Plugin Iklan WordPress Terbaik Untuk Website [+Instalasi Lengkap]

26 Jun 2021 BY Aorinka Anendya

Kamu sedang mencari plugin iklan WordPress terbaik untuk website? Dan masih bingung akan menggunakan plugin iklan yang mana?Nah, mungkin kamu perlu simak artikel ini sampai selesai. Memasang iklan di WordPress …

Cara Cek Resi Sen Hong Akulaku 2021 | Dilengkapi Istilah Pengirimannya

20 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Ternyata masih banyak orang yang masih bingung atau bahkan belum tau cara cek resi Sen Hong Akulaku. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas langkah demi langkah supaya Anda bisa …

Apa Itu Email Marketing? – Arti dan Manfaatnya

4 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Arti dan Manfaat Email Marketing – Email marketing sekarang banyak digunakan sebagai salah satu metode pemasaran yang praktis dan hemat biaya. Faktanya, email marketing terbukti 40 kali lebih efektif dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *