Review Jasa Pengiriman ID Express: Kelebihan Dan Kekurangan [2021]

Mufti Syawaludin 21 Jun 2021 5 Menit 0

Bagi Anda yang sering belanja di Shopee pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan ekspedisi yang satu ini. Namun, masih banyak juga yang belum tau kelebihan dan kekurangan dari jasa pengiriman ID Express.

Memang semenjak melonjaknya minat belanja online membuat para perusahaan ekspedisi seperti JNE, J&T, TIKI, SiCepat, AnterAja, Ninja Express, dan lainnya memiliki peningkatan pengguna yang sangat signifikan termasuk ID Express.

Setiap ekspedisi khususnya yang ada di Indonesia secara umum memiliki layanan pengiriman yang relatif sama, akan tetapi masing-masing terdapat kekurang dan kelebihan yang menjadi pembedanya.

Nah, beranjak dari itu, pada artikel ini akan dikumpas tuntas untuk ekspedisi jasa pengiriman ID Express. Silahkan simak review lengkapnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman 2021 [+Lengkap]

Sekilah Tentang ID Express

Apa itu jasa pengiriman ID Express?

ID Express adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dan logistik berdiri pada tanggal 14 Februari 2019.

Memang terbilang baru, itu pun untuk memulai operasional pengiriman dan menjalin kerjasama dengan beberapa marketplace di pertengahan tahun 2020. Siapa sangka ekspedisi ini maju begitu pesat dalam waktu yang singkat.

Terbukti di akhir tahun 2020, ID Express telah memiliki karyawan sebanyak 20.000 orang profisional yang tersebar di berbagai penjuru wilayah di Indonesia.

Mungkin ada diantara kalian semua bertanya, apa itu ID Express di Shopee?

ID Express Shopee adalah bentuk kerjasama antara ID Express dengan Shopee yang merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung bulanan tertinggi di nomor urut ke-2 pada kuartal I (satu) di tahun 2021 setelah Tokopedia.

10 Jumlah Pengunjung E-commerce Bulanan Kuartal 1 Tahun 2021

10 Jumlah Pengunjung E-commerce Bulanan Kuartal 1 Tahun 2021 ©databoks.katadata.co.id

Dengan begitu banyak pengunjung Shopee ditambah lagi memiliki layanan pengiriman yang terbilang relatif murah dibandingkan dengan ekspedisi lainnya membuat ID Express kini mengalami kelonjakan pengguna yang cukup tinggi.

Apa lagi dengan menggunakan teknologi terdepan dengan sistem robot menjadikan layanan pengiriman ini sangat dipercaya di kalangan masyarakat, karen paket akan sampai dengan cepat, tepat, dan aman ke tangan penerima.

Baca Juga: Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli

Jenis Layanan Pengiriman ID Express

Untuk saat ini ada tiga pilihan jenis layanan pengiriman yang ditawarkan ID Express untuk para konsumennya, apa aja itu? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Layanan Reguler

Layanan ini paling banyak digunakan oleh konsumen dengan estimasi waktu paket datang 3 hingga 5 hari kerja, selain itu harga ongkos kirimnya yang terjangkau sesuai jarak pengirimannya, ya.

ID Express Reguler bisa digunakan siapa saja untuk kiriman barang se Indonesia, tepat sekali jika Anda menggukan jenis layanan pengiriman ini untuk kiriman yang jauh misalnya antar kota.

Layanan Same Day

Layanan ini menawarkan pengiriman barang sampai di esok harinya, dalam waktu maksimal 24 jam barang sudah tiba di tujuan (alamat penerima).

Namun sangat disayangkan, layanan pengiriman Same Day ID Express ini beru bisa digunakan untuk wilayah Jabodetabek saja.

Layanan IDlite

IDlite menjadi layanan pengiriman unggulan ID Express, cukup dengan Rp6.000 saja dengan berat maksimal 500 gram (gr) barang atau paket akan tiba sampai ke tangan penerimanya.

Sama dengan Same Day, untuk saat ini layanan IDlite ini baru bisa melayani pengiriman di wilayah Jabodetabek saja.

Beruntung sekali jika Anda masih berada di area tersebut bisa mengirimkan barang yang ringan seperti, dokumen, buku, aksesoris gadge, mainan anak, pakaian dan lain sebagainya dengan ongkos kirim yang sangat murah.

Nah, itulah layanan pengiriman yang dimiliki ID Express yang bisa dipilih para konsumennya. Oh iya, yang berjualan di Shopee bisa aktifkan jasa pengiriman ini di tokonya.

Sebab, selain dapat meningkatkan penjualan juga ID Express melayani penjemputan barang kiriman (Pick Up), jadi seller tidak perlu repot-repot mengantar paket ke counter ID Express terdekat.

Namun, kalau memang mau mengantar paket (Drop Off) ke counter ID Express terdekat masih tetap dilayani, kok. Jangan lupa, mencetak dan mencantumkan label pengiriman Shopee sebelum Drop Off ya.

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket Yang Benar Sesuai Standar Ekspedisi

Kelebihan dan Kekurangan ID Express

Anda harus tau apa kelebihan dan kekurangan dari ekspedisi ID Express, hal ini nantinya bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk menggunakan jasa pengiriman yang satu ini atau tidak.

Kelebihan ID Express

Berikut ini beberapa kelebihan dari jasa pengiriman ID Express yang harus Anda ketahui:

Ongkos Kirim Paket Terjangkau

Mulai dari Rp6.000 saja konsumen bisa mengirimkan paket hingga sampai ketangan penerimanaya, Ini sangatlah efektif untuk lebih hemat biaya ongkir.

Halaman Selanjutnya
Tidak hanya itu, bahkan Anda...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Mufti Syawaludin
Ditulis oleh

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.