Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

Posted on 4 Dec 2019 By Nisa Husnainna

Tips Jualan di Instagram – Instagram hingga kini masih menjadi media sosial yang paling digandrungi. Kepopuleran Instagram dibandingkan media sosial lain dapat kita manfaatkan untuk meraup penghasilan alias berjualan 🙂

 

Banyaknya orang yang sudah meraih keberhasilan berbisnis lewat Instagram pasti membuat kita tertular ingin sukses berjualan di Instagram juga.

ADVERTISEMENT

 

Ditambah lagi fakta menarik bahwa pengguna Instagram Indonesia menduduki peringkat ke-4 terbesar di dunia. Bersama dengan Facebook, Instagram kini telah menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.

 

Kamu telah menjatuhkan pilihan yang tepat apabila memilih Instagram sebagai media berjualan online. Terutama apabila target pasar Kamu adalah generasi milenial.

 

Lantas, bagaimana cara berjualan di Instagram bagi pemula atau orang yang belum pernah memiliki bisnis di Instagram sama sekali?

 

1. Menetapkan Nama Akun Jualan

Pertama-tama, tentunya Kamu harus memikirkan ide bisnis terlebih dahulu. Baca: https://pluginongkoskirim.com/tips-jualan-online-di-tahun-2020/

 

Setelah Kamu mengetahui akan memulai bisnis apa, langsung buat akun khusus untuk memasarkan produkmu. Dalam membuat nama akun jualan, sebaiknya Kamu menyertakan kata kunci yang sering dicari orang pada kolom pencarian instagram.

 

Misalnya kamu menjual baju muslim di daerah Bogor, maka sebaiknya dalam nama akun jualanmu terdapat kata “baju muslim” atau “baju muslim bogor”. Contoh: @bajumuslim_bogor

Dengan begitu, ketika orang mencari “baju muslim bogor” pada kolom pencarian, maka akun Kamu akan muncul.

 

2. Memposting Foto Coming Soon

Kami menyarankan untuk meng-upload beberapa (1 sampai 3) foto coming soon terlebih dahulu agar orang-orang tertarik untuk memfollow akun jualanmu. Postinglah foto yang simple tapi memancing rasa penasaran orang yang melihatnya.

Foto coming soon haruslah foto yang membuat orang penasaran dengan produk yang akan diluncurkan sehingga ia tertarik untuk memfollow akun jualanmu.

 

3. Mencari Followers

Tips jualan di Instagram selanjutnya adalah tahapan yang penuh perjuangan, yaitu mencari followers. Bagaimana cara mencari followers? Tenang, Kamu pasti bisa.

  • Pertama-tama, mulai dari memfollow teman-temanmu sendiri.
  • Setelah memfollow semua teman-temanmu, selanjutnya follow orang-orang yang tertarik dengan apa yang kamu jual. Caranya adalah memfollow followers akun yang sejenis dengan akun jualanmu. Misalnya akunmu menjual baju muslim di bogor, maka carilah akun yang berjualan baju muslim juga. Misalnya ada akun @bajumuslim_jkt , followlah orang-orang yang memfollow akun @bajumuslim_jkt tersebut. Mengapa kita memfollow orang-orang dari akun tersebut? Karena orang-orang itu memiliki ketertarikan dengan baju muslim juga. Sehingga orang-orang itu berpotensi besar akan memfollowback akun jualan Kamu. Dengan demikian, jumlah followers Kamu akan bertambah.
  • Terus lakukan langkah di atas setiap hari sampai jumlah followersmu mencapai ribuan.
  • Perlu diingat untuk tidak sembarangan mencari followers agar jualanmu tepat sasaran.

 

4. Memposting Foto Produk Jualan

Memposting foto jualan adalah inti dari aktivitas jualan di Instagram. Memposting foto produk jualan di Instagram tidak boleh dilakukan dengan ‘seadanya’. Kamu harus mempostingnya secara totalitas mulai dari memberikan deskripsi (caption) yang lengkap dan menarik, memberikan hashtag yang sesuai atau related, dan menggunakan tag (menandai) beberapa akun yang potensial.

 

5. Bangun Kedekatan dengan Followers

Mengupload testimoni dari followers juga merupakan bentuk kedekatan kamu dengan mereka, loh! Selain itu, usahakan selalu membalas feedback dari followers. Misalnya jika ada yang bertanya di kolom komentar salah satu foto produk yang Kamu upload, maka jangan menunggu waktu lama untuk membalasnya.

 

6. Gunakan Semua Fitur Instagram

Mungkin masih banyak orang yang bingung bagaimana cara promosi di Instagram? Optimalkan promosi bisnismu lewat berbagai fitur menarik yang telah disediakan oleh Instagram. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur di bawah ini untuk menunjukkan kelebihan dan betapa spesialnya bisnismu.

  • Instastory
  • Live
  • IG TV

Selain itu, teknik atau metode yang dapat kamu gunakan untuk melakukan promosi di Instagram juga bermacam-macam. Antara lain:

  • Giveaway
  • Endorse
  • Paid Promote, dll.

 

Itulah tips jualan di Instagram yang perlu diketahui oleh para pemula. Semoga membantu!

 

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Apa Arti Reseller, Dropship, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

29 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Arti Reseller, Dropship & Cara Kerjanya – Di zaman now, jenis pekerjaan untuk menghasilkan uang semakin beraneka ragam. Tidak mesti dengan berangkat ke kantor dari pagi sampai sore, namun menghasilkan uang …

Cara Menambahkan Fitur Refund pada WooCommerce

8 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Menambahkan Fitur Refund – Refund (pengembalian) adalah suatu proses bisnis yang tidak terelakkan dalam dunia toko online. Sistem refund harus dikelola dengan baik karena merupakan salah satu after sales …

Daftar Tarif Ongkir Barang dari Jakarta ke Surabaya 2019 (All Kurir)

17 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Tarif Ongkir Jakarta – Surabaya 2019 (All Kurir) – Anda sedang mencari tarif ongkir JNE dari Jakarta ke Surabaya? Kalau begitu halaman ini sangat cocok untuk Anda. Karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *