Apa Perbedaan Pengiriman Same Day dan Instant Courier?

Mufti 02 Mar 2024 4 Menit 0

Sudah pada tahu belum dengan adanya layanan kilat yaitu Same Day dan Instant Courier? Kali ini kami akan membahas perbedaan Same Day Instant Courier karena dua-duanya terkadang membuat bingung para seller dan customer, serta pengguna reguler.

Walaupun terlihat sama karena memberikan pelayanan yang cepat, tetapi perlu Anda ketahui bahwa antara pengiriman same day dan instant memiliki beberapa ciri berbeda, terutama pada waktu atau estimasi pengirimannya.

Untuk memperjelasnya kami akan memberikan beberapa contoh kedua layanan tersebut pada jasa pengiriman paket di Indonesia.

Mari simak penjelasan mengenai pengiirman

1. Pengertian Same Day dan Instant Courier

Layanan Same Day artinya pengiriman yang akan dilakukan pada hari yang sama setelah barang atau paket diterima oleh driver dengan estimasi waktu sampai maksimal 8 jam.

8 jam tersebut biasanya diberlakukan pada saat belanja di marketplace, misalnya dengan menggunakan kurir AnterAja atau menggunakan jasa kurir reguler seperti Paxel.

Akan lebih cepat lagi jika menggunakan layanan Gojek atau Grab dengan estimasi waktu barang sampai sekitar 6 jam.

Sedangkan Instant Courier adalah layanan pengiriman di hari yang sama dengan waktu sampai maksimal 4 jam terhitung setelah driver mengambil barang.

Nah, akan lebih cepat lagi jika menggunakan kurir Gojek maupun Grab dengan waktu sampai maksimal 3 jam.

Namun perlu diingat ya, jarak tempuh juga akan mempengaruhi kecepat barang sampai tujuan. Dalam kata lain, semakin jauh jarak tempuhnya maka otomatis semakin lambat juga barang akan datang ke tujuan.

Seperti contoh proses menggunakan layanan Same Day maupun Instan saat belanja di Tokopedia. Silahkan lihat di bawah ini ya.

  • Hal yang pertama silahkan cari Produk > Lokasi (disini kami pilih lokasi jakarta pusat)
  • Pilih Seller yang menyediakan layanan pengiriman Same Day atau Instant
    Simulasi pengiriman same day dan instan di tokopediaNah, bisa Anda lihat waktu sampai pada gambar di atas yang menunjukkan bahwa barang akan sampai tergantung dengan jarak pengantaran. Tidak lebih 4 jam untuk Instant dan tidak lebih dari 8 jam untuk Same Day.
  • Jika sudah dapat, silahkan lakukan pembelian > pilih Durasi Pengiriman (Same Day/Instant)
    Same day dan instant courier
  • Proses selanjutnya silahkan selesaikan transaksi seperti biasanya, lakukan Pembayaran > Selesai.
    Barang pesanan Anda akan segera diproses dengan menggunakan pengiriman yang tersedia bisa GoJek maupun Grab
  • Anda tidak perlu lagi membayar ongkir ke driver karen sudah termasuk dalam total belanja yang Anda bayarkan sebelumnya.

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai jasa pengiriman sehari sampai, salah satu layanan yang digunakan diantaranya adalah Same Day dan Instant Courier.

2. Perbedaan Same Day dan Instant Courier

Untuk mengetahui perbedaan kedua layanan ini silahkan lihat pada tabel perbedaan di bawah ini:

SAME DAYINSTANT COURIER
Waktu pengantaran barang datang maksimal 8 jamEstimasi waktu pengantaran barang datang maksimal 4 jam
Jarak tempuh pengantaran maksimal 40 KilometerJarak tempuh pengantaran maksimal 40 Kilometer
Waktu Pick Up (pengambilan barang oleh driver) sebelum jam 16.00. Jika lewat maka akan diproses ke esokan harinya.Waktu Pick Up (pengambilan barang oleh driver) sebelum jam 16.00. Jika lewat maka akan diproses ke esokan harinya.
Dimensi barang 40X40X17cmDimensi barang 70X50X50cm
Berat Barang 5 KilogramBerat barang 20 Kilogram
Tarif Ongkir Rp15.000 (15 kilometer pertama) jika lebih menjadi Rp20.000Tarif ongkir dihitung per kilometer jarak tempuhnya dari pengambilan barang hingga ke lokasi pengantaran

Secara umum perbedaan Same Day Instant Courier hanya terlihat di bagian waktu tiba, tarif ongkir, dimensi dan berat barang.

Jika ingin menggunakan salah satu dari kedua layanan ini, sebaiknya Anda lakukan sebelum pukul 14.00 supaya barang belanjaan Anda dikirim hari itu juga.

Karena pihak toko memerlukan waktu untuk mempersiapkan barang mulai dari packing hingga menunggu antrean orderan sampai proses Request driver.

Pastinya memerlukan waktu yang tidak cukup satu jam, maka disarankan selesaikan proses belanja online sebelum pukul 14.00.

Kami akan tunjukan perbedaan tarif ongkir Same Day dengan Instant. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini:

Perbandingan ongkir same day dengan instant

Gambar tersebut merupakan perbandingan ongkir di Tokopedia. Dengan selisih waktu maksimal pengantaran 3 jam saja namun ongkos kirim sangat jauh berbeda.

Catatan: Jika ingin lebih murah silahkan gunakan layanan Same Day ya, karena estimasi pengirimannya hanya satu hari barang sudah sampai. Dari pada layanan Instan yang cenderung lebih mahal, akan tetapi opsi ini tentunya tergantung dengan kebutuhan anda masing-masing.

Seperti yang sudah kami jelaskan pada perbedaan kedua layanan ini bahwa jarak juga mempengaruhi tarif ongkir.

Pada contoh gambar di atas, barang di kirim dari Jakarta Utara menuju lokasi pengantaran di Jakarta pusat. Bisa dilihat sendiri opsi tarif ongkir yang tersedia.

Perlu diingat bahwa sebelum membeli barang tentukan dulu lokasi toko. Usahakan yang terdekat dari lokasi Anda berada, atau lokasi pengiriman agar mendapatkan tarif ongkir yang tidak terlalu mahal.

3. Kurir Support Same Day

Ekspedisi apa saja sih yang memiliki layanan Same Day? Untuk saat ini, sudah banyak sekali kurir atau ekspedisi pengantar barang yang menyediakan layanan Same Day, di antaranya:

  • GoJek (GoSend)
  • Grab Express
  • AnterAja
  • Paxel
  • Ninja Express
  • SAP Express

Ketiga layanan teratas seperti GoJek, Grab, dan AnterAja tersedia di Tokopedia, sementara untuk marketplace lainnya kurang lebihnya sama malah bisa ada tambahan kurir selain ketiga kurir tersebut.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Mufti
Ditulis oleh

Mufti

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *