Cara Lacak Kiriman Paket JNE Tanpa Resi

Posted on 31 Jan 2020 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Cara Cek dan Lacak Kiriman Paket JNE Tanpa Resi – Pernahkah kamu ingin melacak paket tapi kamu kehilangan nomor resinya?

Jika tidak mempunyai nomor resi, apakah masih tetap bisa melacak keberadaan paket?

Dilansir dari JNE Copywriting, Adi Subagyo, Branch Manager JNE Yogyakarta mengungkapkan bahwa nomor resi adalah syarat utama untuk melakukan pelacakan paket.

ADVERTISEMENT

Maka dari itu, sebisa mungkin dijaga agar nomor resi jangan sampai hilang. Namun menurut Kepala Cabang JNE Yogyakarta tersebut, paket masih dapat dilacak menggunakan nama.

Tapi, kalau pelacakan menggunakan nama tentunya akan memerlukan waktu yang lebih lama daripada menggunakan nomor resi.

Hal ini disebabkan operator harus mencari satu nama tersebut di antara banyak deretan nama yang sama.

Contohnya, nama pengirim paket adalah Salsabila Puteri. Maka operator harus mencari nama Salsabila di sederet nama Salsabila yang lain.

Jika kamu mau melakukan pelacakan keberadaan barang, kamu bisa langsung menghubungi Customer Service JNE.

Tapi kembali lagi ke alasan di atas, nama bukanlah sesuatu yang unik seperti nomor resi, karena banyak orang yang memiliki nama sama. Jadi melacak paket tanpa nomor resi akan memakan waktu yang lama sekali.

Berbeda halnya jika kamu melacak paket menggunakan nomor resi, tentu akan lebih cepat karena sudah tersimpan di sistem sehingga dapat langsung ditemukan dengan mudah.

Nomor resi tiap paket juga tidak akan sama antara paket yang satu dengan yang lainnya. Hal ini karena airway bill (nomor resi) merupakan kode yang terdiri dari deretan angka saja, atau kombinasi antara angka dan huruf. Kode tersebut juga dapat discan (dipindai).

Selain memuat kode-kode, nomor resi juga berisikan informasi mengenai nama pengirim dan penerima paket, nomor handphone yang dapat dihubungi, status pengiriman, serta lokasi terakhir paket.

 

Apa yang Harus Kamu Lakukan untuk Cek Paket Tanpa Nomor Resi?

Kamu tetap bisa kok, mengecek keberadaan paketmu dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Untuk mengecek paketmu, silakan mendatangi kantor cabang atau agen utama jasa pengiriman JNE. Namun kamu harus benar-benar yakin dan memastikan bahwa paketmu sudah dikirimkan 3-5 hari sebelumnya.
  2. Temui petugas Customer Service (CS) di Kantor JNE lalu katakan bahwa kamu ingin minta tolong dicarikan nomor resi atau informasi keberadaan paket dengan menyebutkan nama pengirim paket.
  3. Selain nama pengirim paket, kamu juga dapat menyebutkan informasi penunjang lainnya seperti : nama penerima paket, tanggal pengiriman paket, alamat tujuan pengiriman paket, serta kota asal pengiriman paket.
  4. Petugas CS akan membantu mencarikan paketmu di sistem mereka menggunakan informasi-informasi yang telah kamu sebutkan tadi.
  5. Jika petugas berhasil menemukan nomor resimu, kamu dapat menggunakan nomor resi tersebut untuk melacak keberadaan paketmu.

Apabila informasi yang kamu berikan terlalu umum, biasanya kamu akan menemui kendala berupa sulitnya nomor resimu ditemukan.

Apalagi jika namanya pasaran, maka hasil pencariannya tentu akan sangat banyak sekali. Jadi semakin rinci informasi yang kamu berikan, maka akan semakin besar pula peluang nomor resi paketmu ditemukan.

Cara cek JNE tanpa resi di atas merupakan salah satu cara alternatif yang dapat kamu coba untuk mengetahui keberadaan paket kirimanmu.

Hal penting yang harus kamu ingat adalah memastikan bahwa paketmu memang benar-benar telah dikirim oleh pihak pengirim dan kamu memang tidak mendapatkan nomor resi dari pengirim.

Baca juga: https://pluginongkoskirim.com/cek-resi-standard-express-shopee-dari-china/

 

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

 

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

[Standar JNE] Cara Packing Barang Yang Benar & Cepat

8 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

[Standar JNE] Cara Packing Barang Yang Benar & Cepat – Mempacking barang yang akan dikirimkan untuk jarak jauh maupun dekat tidak boleh disepelekan atau dilakukan dengan seadanya. Pengiriman barang yang …

Daftar Lengkap Kantor JNE di Bandung yang Harus Kamu Ketahui

23 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Jika Anda bertempat tinggal di Bandung dan sedang mencari jasa layanan ekspedisi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, Anda bisa mempercayakannya pada JNE. Oleh karena itu, di sini kami pun …

Tips Menambah Follower Instagram dengan Mudah

6 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Tips Menambah Follower Instagram – Bagi Anda yang memiliki bisnis atau berjualan di Instagram pasti sangat membutuhkan followers. Tingginya tuntutan akan followers yang banyak membuat Kami tergerak untuk menyusun tips …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *