Manajemen Logistik adalah Apa? Tujuan, Fungsi, & Sistem

Nasikhun A. 11 May 2023 4 Menit 0

Manajemen logistik adalah bagian penting dalam pengelolaan bisnis, terutama yang berbasis produksi. Artikel ini membahas rinci mengenai tujuan, fungsi, hingga sistemnya.

Contohnya saja, salah satu fungsi dari manajemen bisnis adalah memastikan cara mengirim barang melalui fasilitas logistik yang aman. Dengan memahaminya secara rinci, kamu mendapat gambaran bagaimana cara kerja manajemen logistik.

Lantas, apa yang dimaksud dengan manajemen logistik? Penjelasan berikut dilengkapi dengan beberapa peran atau fungsi manajemen logistik sampai pekerjaannya. Pelajari lebih dalam, yuk!

Manajemen Logistik adalah Apa? Ini Maksud dan Tujuannya

Manajemen logistik adalah

Manajemen logistik adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dari aliran barang, informasi, dan sumber daya terkait dalam suatu rantai pasok atau supply chain dalam bisnis.

Dengan kata lain, manajemen logistik adalah aplikasi ilmu manajemen atau tata kelola dalam aktivitas logistik dalam sebuah bisnis, mulai dari pra produksi hingga distribusi barang.

Tujuan utama dari manajemen logistik adalah untuk memastikan bahwa barang atau produk diproduksi dengan tepat, dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam kondisi yang tepat.

Sehingga, barang yang diproduksi dalam sebuah bisnis bisa tersedia dan didistribusikan kepada pelanggan dengan baik.

Manajemen logistik melibatkan serangkaian aktivitas dan proses yang mencakup perencanaan dan pengelolaan persediaan, transportasi, pergudangan, pengemasan, pengolahan pesanan, pemantauan pengiriman, dan pengelolaan informasi terkait.

Hal ini melibatkan koordinasi dan kolaborasi yang efektif antara berbagai fungsi bisnis seperti produksi, pemasaran, pembelian, dan distribusi.

Fungsi Manajemen Logistik

Manajemen logistik adalah

Fungsi manajemen logistik secara umum dapat dibagi menjadi tujuh jenis, yakni mulai dari fungsi perencanaan logistik, pengadaan dan pembelian, hingga manajemen informasi logistik.

Berikut ini penjelasan mengenai setiap fungsi manajemen logistik yang dilengkapi dengan gambaran umum pekerjaannya seperti apa.

Fungsi manajemen logistik

1. Perencanaan Logistik

Perencanaan logistik melibatkan penentuan kebutuhan persediaan, kapasitas gudang, dan rute transportasi yang efisien. Sehingga terdapat gamabran proses dari hulu hingga hilir yang jelas.

Pada bagian ini, manajer logistik bekerja sama dengan tim perencanaan, manajer operasional, dan pemasok untuk mengembangkan strategi logistik yang optimal.

Mereka juga berkolaborasi dengan departemen produksi, penjualan, dan pemasaran untuk memperkirakan permintaan dan merencanakan operasi logistik yang efisien.

2. Pengadaan dan Pembelian

Fungsi pengadaan dan pembelian bertanggung jawab dalam memastikan ketersediaan bahan baku, suku cadang, dan komponen yang dibutuhkan untuk operasi perusahaan.

Tim pengadaan dan pembelian atau bagian procurement berinteraksi dengan pemasok, melakukan negosiasi kontrak dan harga, serta memantau kualitas produk yang diterima.

Mereka juga bekerja dengan tim perencanaan produksi untuk menentukan jadwal pengadaan yang sesuai dengan kebutuhan produksi.

3. Manajemen Persediaan

Manajemen persediaan melibatkan pengelolaan stok barang agar tetap dalam tingkat optimal. Optimal di sini berarti cukup, tidak lebih dan tidak kurang. Sehingga aktivitas bisnis bisa beroperasi secara normal.

Tim manajemen persediaan (inventory management) berperan dalam memantau persediaan, menghitung tingkat persediaan yang ideal, dan merencanakan siklus pengisian persediaan.

Mereka juga berkolaborasi dengan tim perencanaan produksi, pengadaan, dan penjualan untuk memperkirakan permintaan dan menjaga ketersediaan persediaan yang cukup.

4. Pengelolaan Transportasi

Manajemen logistik berfungsi dalam pengelolaan transportasi yang melibatkan pemilihan moda transportasi yang tepat, perencanaan rute pengiriman yang efisien, dan pemantauan proses pengiriman.

Tim pengelolaan transportasi bekerja sama dengan perusahaan jasa ekspedisi/pengiriman, agen logistik, dan tim pengiriman internal untuk mengoptimalkan proses pengiriman barang.

Mereka juga memastikan kesesuaian dengan peraturan transportasi dan melakukan pemantauan terhadap keandalan dan efisiensi jasa pengiriman yang digunakan.

5. Pergudangan dan Penyimpanan

Fungsi pergudangan dan penyimpanan melibatkan pengelolaan gudang dan sistem penyimpanan barang. Maka dari itu penting untuk mengetahui jenis-jenis gudang berserta kegunaannya.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *