ADVERTISEMENT

7 Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress dan Cara Instalasinya

Posted on 27 Mei 2021 By Aorinka Anendya
ADVERTISEMENT

Jika kamu sedang mencari rekomendasi plugin multibahasa terbaik untuk WordPress, kamu bisa simak terus artikel ini. Kami akan menyimak beberapa pelengkap website yang bisa membuat situsmu bisa diakses dalam berbagai bahasa.

Pada dasarnya, WordPress hanya menggunakan satu bahasa saja. Sehingga, jika kamu ingin membuat kamu bisa diakses dalam bahasa lain, kamu bisa menggunakan beberapa plugin yang kami sarankan di bawah ini.

Demgan menggunakan plugin ini, pengunjung dari luar negri bisa membaca websitemu menggunakan bahasanya. Ini tentunya menguntungkan wesbite karena bisa menambah traffic pengunjung.

ADVERTISEMENT

Tidak heran, plugin multibahasa adalah salah satu plugin yang sering digunakan bersama dengan plugin SEO dan plugin keamanan.

Jadi, simak terus artikel ini, karena kita akan membahas tentang:

  • Mengapa harus menggunakan plugin multibahasa atau plugin translate.
  • Daftar plugin multibahasa terbaik untuk WordPress dan cara menambah bahasa di WP.
  • Cara install plugin WordPress.

Pentingnya Menggunakan Plugin Multibahasa Untuk Website

Jika kamu memiliki web toko online yang sudah berskala besar bahkan sampai menembus pasar internasional. Maka WordPress multibahasa sangat dibutuhkan.

Karena pasti pembeli kamu juga tidak hanya berasal dari lokal atau Indonesia saja. Tapi dari berbagai negara lain kan?

ADVERTISEMENT

Lalu apa saja pilihan bahasanya? Penting untuk diingat, kamu tidak perlu terlalu banyak menambahkan banyak bahasa ke website. Bahasa Inggris saja sebenarnya sudah cukup karena itu sudah merupakan bahasa Internasional.

Terlalu banyak bahasa juga kurang efektif nantinya. Selain itu apabila website kamu memiliki lebih dari satu bahasa. Maka Google pun akan mengindeksnya secara terpisah atau berbeda.

Oleh karena itu, kontenmu akan lebih berpeluang besar untuk muncul di banyak pencarian atau bahkan di halaman pertama Google.

Sampai sini sudah paham kan mengapa website perlu multibahasa?

Daftar Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress 2022

Bagaimana, setelah mengetahui pentingnya menggunakan multibahasa apakah sudah semakin yakin untuk memasangnya? Jika iya berikut ini daftar plugin multibahasa terbaik.

ADVERTISEMENT

Loco Translate

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Logo Loco Translate
@Plugin Loco Translate
  • Pengguna : sekitar 1.000.000 orang.
  • Rating : bintang 5

Solusi plugin pertama yang bisa kamu pasang adalah Loco Translate. Seperti yang kamu lihat di atas, berdasarkan jumlah penggunanya Loco Translate dapat dikatakan sebagai plugin multibahasa terbaik.

Selain itu rating yang diberikan pengguna juga sudah mencapai bintang 5, itu artinya fitur yang ditawarkan plugin tersebut memang memuaskan.

Fitur Loco Translate yang bisa membantu website kamu diantaranya seperti berikut.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur Terjemahan Plugin Loco Translate
@Fitur Terjemahan Plugin Loco Translate

Gambar di atas merupakan bagian fitur penerjemahan. Jadi nanti sistemnya kamu bisa memilih sendiri tema mana yang ingin di translate. Setelah itu akan muncul semua kalimat yang terdapat di tema tersebut.

Contohnya seperti di atas terdapat tema twenty, nanti semua kalimat yang terdapat di dalam tema twenty akan tampil. Dan bagian berwarna biru di atas merupakan kalimat yang dipilih untuk diterjemahkan.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya plugin Loco Translate juga dapat menampilkan progress dari masing – masing bahasa yang sedang kamu terjemahkan seperti di bawah ini.

Plugin Multibahasa terbaik untuk WordPress, fitur progress terjemahan Plugin Loco Translate
@Fitur Progress Terjemahan Plugin Loco Translate

Dan masih banyak fitur lain yang dapat membantu kamu, maka dari itu bisa langsung kamu coba saja. Jangan khawatir juga karena plugin ini 100% free.

Polylang

polylang

  • Pengguna : sekitar 700.000 orang.
  • Rating : bintang 4.5

Plugin multibahasa terbaik untuk WordPress 2022 selanjutnya adalah Polylang. Apabila dilihat dari jumlah penggunanya plugin ini memang cukup populer. Berbagai elemen yang terdapat di website seperti kategori, widget, post dan masih banyak lagi bisa diterjemahkan menggunakan plugin ini.

Plugin ini bisa kamu dapatkan secara gratis, tetapi kamu harus menerjemahkan semuanya secara manual.

Jadi apabila halaman website kamu ingin di translate otomatis kamu perlu menambahkan add ons tambahan yaitu Lingotek Translation.

Nah, sebelum kamu memasang Polylang ada baiknya kamu mengenal lebih dulu gambaran fitur yang akan kamu dapatkan nanti diantaranya seperti berikut.

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli

6 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Update terbaru cara memilih jasa pengiriman di Shopee dimana semenjak tidak adanya lagi fitur opsi pengiriman di marketplace yang satu ini membuat para penggunanya kebingunan dan tidak sedikit pula yang …

5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online

30 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Plus Minus Payment Gateway – Zaman telah berubah dengan cepat. Kini metode pembayaran pun berkembang tidak hanya melalui transfer rekening bank, namun juga telah tersedia berbagai macam cara pembayaran yang …

Daftar 13 Ahli dan Pakar SEO Indonesia Terbaik Tahun Ini

24 Mei 2022 BY Mufti Syawaludin

SEO memang bukan perkara mudah. Untuk menyandang predikat Master, Pakar, Ahli, Maupun Guru di bidang SEO butuh usaha dan kerja keras maksimal. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *