Cara Membatalkan Pesanan Akulaku Dengan/Tanpa DP [+Syaratnya]

Ayu 30 May 2022 5 Menit 1

Cara membatalkan pesanan Akulaku sebetulnya sangat mudah apabila belum dibayar. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pembatalan jika mengalami masalah seperti salah beli produk atau tidak ada respon penjual.

Lantas, bagaimana pesanan yang sudah di dp, yang sudah dibayar atau bahkan sudah dikirim? Apakah tetap bisa dibatalkan? Nah, itu bisa kamu lakukan dengan cara mengajukan refund.

Gimana caranya? Yuk temukan jawabannya di tulisan berikut ini. Jangan kemana-mana, stay tuned!

Bisakah Membatalkan Pesanan di Akulaku?

Dalam proses transaksi, tidak jarang pembeli mengalami masalah yang menuntut mereka untuk membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Misal, karena salah membeli barang, respon penjual lama, pengiriman lama, dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui, pengiriman barang di Akulaku memang terbilang lama. Yakni bisa mencapai 7 hingga 14 hari. Bahkan, di beberapa kasus ada pembeli yang baru menerima pesanan 1 bulan setelah melakukan pembelian.

Untungnya, pengguna bisa lho membatalkan pesanan di Akulaku. Memang sejauh ini banyak yang mengeluh karena sulit melakukannya. Banyak juga yang khawatir apakah DP bisa diambil kembali. Jika bisa, dana masuk kemana.

Tapi tenang, nyatanya kamu bisa melakukan pembatalan pesanan sekaligus mengajukan pengembalian dana. Tentu dengan syarat dan prosedur tertentu. Yuk, lanjut pembahasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku?

Sebetulnya cara membatalkan pesanan Akulaku sangat mudah apalagi jika kamu belum melakukan pembayaran. Atau apabila pesanan belum diproses oleh penjual.

Dalam konteks tersebut, kamu bisa melakukan pembatalan lewat fitur Batal Pesanan yang ada di aplikasi.

Berbeda jika pesanan sudah dibayarkan atau telah diproses oleh pihak pelapak karena harus mengajukan refund.

Apa itu refund Akulaku? Refund adalah proses pengembalian sebagian atau keseluruhan dana yang sudah dibayar untuk pesanan tertentu.

Namun demikian, pembatalan pesanan baik yang belum maupun sudah dibayar tetap harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hal tersebut menjadi pertimbangan apakah pengajuan diterima / ditolak oleh pelapak maupun tim Akulaku sendiri. Lalu, apa saja sih syarat dan ketentuannya?

Syarat & Ketentuan Membatalkan Pesanan Akulaku

Ada beberapa kondisi dan syarat tertentu yang membolehkan pembeli membatalkan pesanan, diantaranya sebagai berikut:

  • Pembeli tidak melakukan pembayaran dalam waktu 1×24 jam.

Apabila kamu tidak membayar dalam 1×24 jam, biasanya Akulaku akan secara otomatis membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Jadi, dalam konteks ini kamu tidak perlu melakukan tindakan apa-apa karena pesanan akan secara otomatis dibatalkan.

  • Penjual belum memproses pesanan dalam jangka waktu lama.

Kamu juga bisa membatalkan pesanan apabila penjual sudah melakukan konfirmasi, namun belum segera memproses pesanan hingga tenggat waktu yang berlaku.

  • Terjadi kesalahan dalam membeli produk.

Apabila mengalami kesalahan dalam memesan produk, seperti ukuran, warna, variasi dan sebagainya, segera lakukan pembatalan. Usahakan kamu melakukan pembatalan di hari yang sama ketika memesan.

  • Stok produk habis / kosong.

Jika terjadi hal demikian, pelapak biasanya akan menghubungi kamu via chat atau WA dan menyarankan untuk refund.

  • Penjual belum mengatur pengiriman.

Syarat terakhir yang membolehkan kamu membatalkan pesanan adalah ketika penjual tidak kunjung mengatur pengiriman. Jika menemui hal ini, kamu bisa segera mengajukan refund ke pihak Akulaku.

4 Cara Membatalkan Pesanan Akulaku

Sama dengan cara membatalkan pesanan TikTok Shop, pembatalan pesanan Akulaku bisa melalui chat ke seller dan CS, kecuali apabila kamu belum membayar pesanan.

Jika belum terjadi pembayaran, maka pembatalan pesanan bisa dilakukan di aplikasi secara otomatis. Lain lagi kalau pesanan sudah dibayar, kamu harus mengajukan refund.

Halaman Selanjutnya
Ada 4 pilihan yang bisa...

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu
Ditulis oleh

Ayu

Be bold & strong through what you say and share ~

1 Comments

  1. My family members always say that I am wasting my time here at web, however I know I am getting familiarity daily by reading thes nice articles or
    reviews.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *