Apa Itu Long Tail Keyword? Manfaat dan Cara Risetnya Yang Paling Tepat

Posted on 24 Feb 2021 By Mufti Syawaludin
ADVERTISEMENT

Bagi kebanyakan orang yang memiliki website pasti menginginkan halaman websitenya bisa muncul bahkan merangking di SERP. Salah satu teknik SEO yang diterapkan adalah penggunaan long tail keyword pada kontennya. Sebenarnya apa itu long tail keyword?

Bagi Anda yang belum tau, pada artikel ini akan dibahas seputar pengertian, manfaat, dan cara riset long tail keyword yang paling mudah.

Harapannya, supaya Anda bisa mengalahkan pesaing di SERP dengan kata kunci yang telah menjadi target Anda. Selain itu, bisa memperluas ide-ide untuk pembuatan konten dimana kebanyakan orang tidak terpikirkan sama sekali sehingga nantinya konten Anda akan lebih kaya akan informasi.

Untuk itu, silahkan simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini ya…

Apa Itu Long Tail Keyword?

Long tail keyword adalah kata-kata yang digunakan oleh penelusur di mesin pencari yang memiliki volume pencarian dan persaingan relatif rendah, pengertian ini diungkapkan oleh Backlinko pada halaman websitenya.

Perlu Anda ketahui!

ADVERTISEMENT

Tidak semua long tail keyword memiliki kata yang panjang atau yang dimaksud lebih dari tiga kata, bisa saja kurang dari itu.

Selain volume dan persaingan rendah, yang disebut long tail keyword adalah seberapa spesifik keyword tersebut dan seberapa mudahnya untuk dikonversi.

Biasanya orang menggunakan mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik yang sesuai dengan keperluan mereka.

Sebuah fakta membuktikan dengan adanya data yang disampaikan Ahrefs bahwa, dari keseluruhan kata kunci sebanyak 92 persen itu terdapat pada volume pencarian 0 hingga 10, yang artinya itu adalah long tail keyword.

Yah, walaupun volume pencariannya rendah, Anda bisa mengakalinya dengan cara menggunakan long tail keyword sebanyak mungkin namun tetap sesuai dengan kata kunci yang menjadi target bisnis Anda.

Dengan demikian dari jumlah long tail keyword yang digunakan bisa dikalikan berapa banyak orang mencari konten tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa long tail bisa mendapatkan trafik yang cukup banyak.

Manfaat Long Tail Keyword

ADVERTISEMENT

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan long tail keyword pada konten website Anda?

Berikut ini manfaatnya:

Mudah Dalam Pembuatan Konten

Kok bisa mudah?

Jelas mudah donk, karena dengan long tail keyword pembahasan konten Anda akan lebih spesifik sehingga tidak merambah kemana-mana.

Beda jika Anda membuat konten yang membahas topik yang cakupannya luas, itu akan membuat produksi konten akan semikin sulit karena banyak aspek yang harus dibahas dalam satu pembahasan dengan topik serupa.

Lagi pula untuk saat ini, banyak penelusur di mesin pencari yang menggunakan frasa yang lebih spesifik dengan kebutuhan mereka inginkan. Apalagi dengan adanya fitur suara di mesin pencari yang memudahkan mereka dalam melakukan penelusuran tanpa harus mengetik.

Baca Juga:

Halaman Konten Akan Mudah Merangking

ADVERTISEMENT

Dengan menggunakan long tail keyword dimana membahas topik yang lebih spesifik yang memiliki tingkat persaingan rendah, akan memudahkan halaman website Anda menduduki peringkat pertama mesin pencari.

Itu alasan mengapa long tail keyword mudah merangking, walaupun jumlah pencariannya rendah namun hal ini juga bisa memperbanyak tautan yang masuk dari halaman lain ke website Anda karena dianggap memiliki konten yang berkualitas

Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Menggunakan long tail keyword akan meningkatkan pengunjung organik yang masuk pada halaman website Anda.

Karena Anda tidak hanya menggunakan satu kata kunci saja dalam satu topik pembahasan namun banyak kata kunci yang kemungkinan besar akan selalu muncul di mesin pencari sesuai dengan kueri yang digunakan oleh penelusur. Dengan demikian peluang klik yang akan didapat halaman website akan semakin besar.

Sehingga jumlah pengunjung pun sudah pasti meningkat.

Yah walaupun long tail keyword memiliki tingkat pencarian yang relatif rendah, namun dengan banyaknya long tail keyword yang digunakan maka bisa di kalikan saja berapa banyak peluang mendapatkan pengunjung dengan jumlah long tail keyword yang ada pada halaman website Anda.

Mudah Dalam Persaingan

Long tail keyword memiliki tingkat persaingan yang rendah, jika Anda ingin bersaing dengan kompetitor dengan kata kunci utama yang memiliki tingkat persaingan tinggi maka hal itu akan sangat sulit Anda capai dengan cepat.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Panduan Sukses Jualan di Bukalapak untuk Pemula [Lengkap]

8 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Jualan di Bukalapak bisa menjadi pilihan banyak pemilik usaha karena jangkauan yang sangat luas. Ratusan juta calon pembeli setiap bulannya rutin mantengin situs web dan aplikasi.Bukalapak juga menempati urutan ke-3 …

Cara Bisnis Online Baju Modal Kecil untuk Pemula Lengkap

22 Mei 2022 BY Mufid Hanif

ingin memulai bisnis fashion tapi tidak punya display baju? tidak masalah, sekarang ada cara bisnis online baju tanpa perlu sewa butik.Dengan menggunakan Instagram, TikTok, Facebook, atau media sosial media lainya …

Cara Menambah Follower Shopee Dengan Mudah [+Keuntungannya]

7 Mei 2021 BY Mufti Syawaludin

Banyaknya pengikut di marketplace berpengaruh besar terhadap meningkatnya penjualan, tanpa terkecuali Shopee. Untuk itu penting sekali bagi Anda mengetahui cara menambah follower Shopee.Pada artikel ini akan disampaikan beberapa langkah-langkahnya termasuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *