11 Aplikasi Stok Barang Gratis Dan Terbaik Untuk Bisnis Online

Hanif 04 Jul 2023 8 Menit 0

Bagi Anda yang mengoperasikan toko baik online maupun offline, aplikasi stok barang menjadi alat penting yang membantu untuk memastikan bahwa proses inventaris Anda berjalan lancar dan efisien.

Memiliki kontrol penuh atas inventaris menjadi hal penting untuk sukses. Namun, manajemen inventaris bisa menjadi tantangan besar, terutama jika masih menggunakan metode manual. Inilah mengapa menggunakan aplikasi stok barang menjadi pilihan yang tepat.

Dengan 11 aplikasi gudang ini, Anda akan mendapatkan banyak kenyamanan dalam inventarisasi. Anda dapat melacak, mengelola, dan memperbarui stok secara real-time. Dengan aplikasi stok barang Android Anda juga dapat mengakses dan mengelola inventaris kapan saja, di mana saja, cukup dengan beberapa ketukan di smartphone.

Pantau stok barang jadi sangat mudah dan praktis, kan?

ADVERTISEMENT

Pengertian Aplikasi Stok Barang

Aplikasi stok barang adalah sebuah program atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memudahkan proses pengelolaan stok atau inventaris dalam suatu bisnis. Fungsinya mencakup pelacakan stok, perekaman data, pengecekan ketersediaan barang, hingga analisis tren penjualan.

Dengan aplikasi ini, proses pengelolaan stok menjadi lebih terstruktur, akurat, dan efisien. Sehingga, berbagai masalah seperti kekurangan stok, kelebihan stok, atau bahkan kehilangan stok dapat diminimalisir. Selain itu, aplikasi stok barang juga membantu pemilik bisnis dalam membuat keputusan yang tepat terkait pembelian dan distribusi barang berdasarkan data yang valid dan up-to-date.

Berikut adalah beberapa fitur yang umumnya terdapat dalam aplikasi untuk stok barang:

  • Pelacakan stok
  • Manajemen stok
  • Manajemen barang masuk dan keluar
  • Perekaman data
  • Laporan penjualan
  • Peringatan stok rendah
  • Integrasi dengan perangkat lain
  • Analisis dan prediksi tren penjualan

Dengan berbagai fitur di atas, tetunya bakal sangat bermanfaat untuk manajemen logistik ya!

Manfaat Menggunakan Aplikasi Stok Barang

Setiap aplikasi tentu memiliki fitur tambahan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk memilih aplikasi stok barang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Menggunakan aplikasi stok barang dalam bisnis Anda memberikan berbagai manfaat yang signifikan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Efisiensi Waktu dan Tenaga
  • Akurasi Data
  • Mencegah Kehabisan Stok
  • Mengoptimalkan Manajemen Gudang
  • Pengendalian Keuangan
  • Analisis dan Prediksi

Dengan manfaat-manfaat di atas, tidak diragukan lagi bahwa aplikasi stok barang menjadi alat yang sangat berharga dalam menjalankan bisnis Anda, apapun jenis gudang yang digunakan.

Cara Memilih Aplikasi Stok Barang

Dengan begitu banyaknya aplikasi stok barang yang tersedia di pasaran saat ini, menentukan pilihan yang tepat menjadi tantangan tersendiri. Berikut beberapa hal yang bisa Anda teliti sebelum memilih aplikasi yang akan digunakan.

  • Fitur yang Dibutuhkan
    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap aplikasi stok barang memiliki fitur-fitur yang berbeda. Prioritaskan aplikasi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Kemudahan dalam Penggunaan
    Pilihlah aplikasi yang memiliki tampilan antarmuka yang user-friendly dan mudah untuk dipahami. Ini akan mempermudah Anda dan tim dalam menggunakan aplikasi tersebut.
  • Dukungan Teknis
    Aplikasi yang baik adalah yang menyediakan dukungan teknis yang baik. Dalam kasus Anda mengalami kendala atau masalah, Anda dapat segera mendapatkan bantuan.
  • Harga
    Tentunya, harga menjadi pertimbangan yang penting. Sesuaikan budget Anda dengan aplikasi yang dipilih. Ingat, aplikasi yang paling mahal tidak selalu yang terbaik, dan sebaliknya.
  • Ulasan dan Testimoni
    Jangan lupa untuk melihat ulasan dan testimoni dari pengguna lain. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang keandalan dan kinerja aplikasi tersebut.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan Anda bisa menemukan aplikasi stok barang yang paling cocok untuk bisnis Anda, apapun metode penyimpanan barang di gudang yang digunakan.

ADVERTISEMENT

Daftar Rekomendasi Aplikasi Stok Barang

Baik pemilik toko maupun pemilik gudang, aplikasi stok barang akan memudahkan proses inventarisasi termasuk cek stok. Jadi tidak harus cek gudang atau warehouse di lapangan untuk mengetahui ready stok atau tidak.

ini dia daftar aplikasi stok barang yang bisa kmau gunakan, jangan salah dengan daftar platform gudang online, ya!

ADVERTISEMENT

1.Olsera

Pilihan pertama dalam daftar aplikasi stok barang terbaik kita adalah Olsera. Mungkin sebelumnya banyak yang lebih mengenal Olsera sebagai aplikasi POS. api sebenarnya Olsera juga mencakup fitur manajemen inventarisasi luar biasa yang menghadirkan presisi dan detail dalam pengelolaan stok. Olsera menawarkan fitur manajemen inventori pro, kontrol ketat melalui notifikasi peringatan stok, catatan pergerakan stok yang rinci, dan opsi untuk mentransfer stok ke toko cabang.

Aplikasi stok barang - olsera

Tampilan aplikasi stok barang – olsera

Lebih lanjut, aplikasi ini juga memberikan fitur manajemen pelanggan (CRM), promosi & loyalitas, serta manajemen karyawan pro. Untuk memastikan Anda mendapatkan gambaran lengkap tentang bisnis Anda, Olsera menghadirkan laporan bisnis paling lengkap dan akuntansi pembukuan dan jurnal. Jika Anda berencana untuk mengembangkan usaha Anda secara offline maupun online, Olsera menawarkan integrasi ke berbagai marketplace dan membantu Anda meningkatkan penjualan dengan fitur webstore online.

Untuk pilihan berlangganan, Olsera menawarkan paket basic seharga Rp 2000 per hari dan paket premium seharga Rp 4000 per hari, keduanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti QRIS / E-Wallet yang mendukung keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis Anda.

ADVERTISEMENT

2. Mekari Jurnal

Pilihan kedua ada Mekari Jurnal, sebuah solusi manajemen persediaan yang lengkap dan dipercaya oleh banyak pengusaha di Indonesia. Mekari Jurnal adalah aplikasi stok barang yang terpusat, memungkinkan Anda melakukan stock opname gudang, pencatatan, perhitungan, dan pengelolaan harga barang dengan mudah dan efisien.

Aplikasi stok barang - mekari jurnal

Tampilan aplikasi mekari jurnal

Fiturnya mencakup pemantauan data keluar masuk dan penjualan barang, kontrol cepat status ketersediaan, serta pengetahuan tentang barang terlaris Anda. Fungsi stock opname otomatis Mekari Jurnal memudahkan penyesuaian data penjualan dan pembelian dengan stok barang melalui data real-time. Aplikasi ini juga menyediakan data lengkap tentang ketersediaan barang dan nilai barang, memastikan Anda selalu terinformasi tentang detail barang di inventory Anda.

Dengan Mekari Jurnal, Anda dapat menghemat waktu untuk data entry dan sinkronisasi data dalam jumlah besar, memantau ketersediaan barang kapan saja, dan melakukan pelacakan penambahan persediaan produk secara real time. Semua fitur ini tersedia baik di web maupun aplikasi Android & iOS, menjadikan Mekari Jurnal sebagai alat yang sangat efektif dan efisien dalam manajemen stok barang.

3. Inventory Stock Tracker – ZOHO

List ketiga kita adalah Zoho’s Inventory Stock Tracker, sebuah pelacak stok gratis yang memungkinkan Anda mengelola inventaris dan level stok dengan mudah dan efisien.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *