Arti Paket Gagal Di pick up, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Anisa 23 Nov 2023 5 Menit 0

Apa arti paket gagal di pick up SiCepat (SIGESIT)? Paket yang gagal di-pickup atau dijemput oleh kurir SiCepat, tandanya harus dilakukan pengambilan di hari lain atau keesokan harinya.

Hal ini bisa saja terjadi karena beragam hal, seperti: perubahan jadwal dari pihak pengirim, pihak pengirim sedang tidak ada di rumah, paket belum selesai dikemas, dan sebagainya.

Jika ini terjadi pada Anda, maka harus segera komplain ke SiCepat agar paket segera diproses. Apalagi jika di dalamnya berisi makanan, dokumen penting, barang yang akan segera digunakan oleh pihak penerima.

Nah, lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di artikel ini!

ADVERTISEMENT

1. Arti Paket Gagal Di Pick Up SiCepat

Paket gagal di pick up SiCepat adalah keterangan yang menunjukkan bahwa paket tidak bisa dijemput oleh kurir SiCepat (SIGESIT) di waktu tertentu karena beragam alasan.

Jadi arti paket gagal di pick up ini menandakan jika pesanan yang dikirim oleh seller melalui layanan pick up SiCepat akan tertunda dan dijadwalkan ulang. Entah keesokan harinya atau bisa jadi dilakukan lusa.

Sebagai jasa pengiriman yang menyediakan layanan pick up, gagalnya penjemputan paket dapat disebabkan oleh berbagai situasi, bisa dari pihak kurir, seller, atau bahkan penerima barang.

Selain itu, gagalnya penjemputan paket dari pihak kurir SiCepat juga bisa terjadi lebih dari dua kali, bahkan 2 x 24 jam. Akibatnya penerima kecewa dan pengirim (seller) mengalami kerugian dari segi pelayanan dan penjualan.

Lantas apa saja kondisi yang membuat paket gagal pick up oleh SiCepat? Berikut penjelasan yang berhasil kami rangkum!

2. Penyebab Paket Gagal Pick Up oleh SIGESIT

Berikut beberapa penyebab paket gagal di pick up oleh SiCepat atau SIGESIT (Sebutan untuk kurir SiCepat):

2.1. Bad Address

Bagaimana jika paket tidak di pick up
Sumber: twitter. Com/fadhilrg

Penyebab gagalnya penjemputan paket oleh kurir SIGESIT adalah karena Bad Address atau titik penjemputan paket yang ditentukan oleh pengirim (seller) kurang lengkap.

Akibatnya, kurir tidak dapat menemukan lokasi penjemputan yang dimaksud atau yang diminta oleh pengirim paket.

Oleh karena itu, penting bagi pengirim agar menulis alamat secara lengkap dan aktifkan lokasi agar saat menggunakan aplikasi SuperApp SiCepat, kurir dapat menemukan lokasi penjemputan paket dengan mudah.

ADVERTISEMENT

2.2. Reschedule by Seller

Apa artinya pesanan gagal di pick up
Sumber foto: twitter. Com/de2n_ramdhan

Penyebab yang kedua yakni karena reschedule by seller, artinya pengirim paket minta pada kurir SiCepat agar menjemput paketnya di lain hari saja.

Peristiwa seperti ini bisa saja terjadi karena penjual sedang tidak ada di rumah, paket belum selesai dikemas, permintaan langsung dari penerima, dan lain-lain.

Namun tidak menutup kemungkinan jika keterangan “Reschedule by Seller” yang muncul di resi pesanan memang dibuat oleh kurir tanpa persetujuan seller.

ADVERTISEMENT

2.3. Paket Akan Didrop oleh Seller ke Kantor Agen

Paket gagal di pick up sicepat artinya
Sumber foto: twitter. Com/selviprizti

Gagalnya penjemputan paket oleh kurir SiCepat juga bisa disebabkan oleh keinginan dari pihak seller untuk mengirim sendiri atau drop off paket secara langsung ke kantor agen SiCepat terdekat.

Mungkin awalnya pengirim atau pemilik toko online memilih layanan pick up, tetapi karena dirasa kurir tak kunjung datang dan barang akan segera digunakan oleh pembeli, maka memutuskan untuk mengantar paket tersebut ke kantor agen SiCepat terdekat.

Di sinilah letak perbedaan antara pick up dan drop off, yakni keputusan ada pada seller sendiri. Jadi nanti keterangan dari kurir adalah “Pesanan gagal di pick up oleh SIGESIT karena paket akan didrop oleh seller ke gerai terdekat.

ADVERTISEMENT

2.4. Paket Belum Siap

Paket gagal di pick up

Masalah gagalnya pick up berikutnya karena paket sedang disiapkan atau paket belum siap karena masih dalam proses pengemasan.

Hal seperti ini bisa saja terjadi ketika SIGESIT sudah menuju titik penjemputan barang, tetapi seller masih belum selesai mengemas paket yang berakibat dilakukannya pick up ulang dalam 1 x 24 jam.

Mengapa kurir tidak menunggu saja? Sebab, kurir SiCepat juga mengejar target dan bekerja di bawah aturan jam kerja, sehingga tidak memungkinkan menunggu seller mengemas paket dalam waktu yang lama.

2.5. Waktu Operasional Kurir Habis

Perlu diketahui bahwa setiap kurir dari jasa ekspedisi memiliki waktu operasional atau jam kerja sesuai ketentuan dan kebijakan perusahaan, termasuk SiCepat.

Waktu penjemputan paket atau pick up oleh kurir SIGESIT dari Senin-Sabtu dilakukan mulai dari pukul 07.00-21.00, sedangkan hari Minggu dan hari libur pukul 07.00-17.00.

Jika permintaan pick up Anda terjadi di hari Minggu pukul 18.00, kemungkinan besar akan dilakukan penjemputan paket pada hari Senin karena waktu operasional kurir sudah habis.

2.6. Paket Overload

Apa itu paket overload? Pengiriman overload adalah banyaknya jumlah paket yang harus dikirim atau diambil oleh kurir melebihi hari-hari biasanya.

Namun paket overload tidak selalu terjadi karena jumlah paket yang membludak, tetapi juga bisa disebabkan oleh jumlah kurir yang sedikit, sehingga antara beban pengiriman dan jumlah pekerja tidak seimbang.

Misalnya saja permintaan pick up SiCepat di daerah Anda dalam satu hari mencapai 500 paket saat Harbolnas, padahal jumlah kurir SIGESIT hanya 6 orang saja. Sudah pasti kurir kwalahan dan pick up paket pun gagal.

2.7. Lokasi Penjemputan Paket Terlalu Jauh

Penyebab gagal pick up paket oleh SiCepat yang berikutnya adalah titik penjemputan paket terlalu jauh.

Maksudnya, lokasi rumah atau toko pengirim paket dengan kantor agen SiCepat terlalu jauh, sehingga membuat kurir berpikir untuk mengambil paket tersebut apabila mendapat request pick up paket dari daerah yang sama.

Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah datangi kantor SiCepat terdekat untuk bermitra langsung agar mendapatkan pelayanan yang optimal.

2.8. Pengirim Tidak Bisa Dihubungi, Tidak Di Tempat, dll

Beberapa penyebab lain gagalnya pick up paket oleh SiCepat yaitu karena pengirim sulit dihubungi saat kurir sedang menuju ke lokasi penjemputan, pengirim tidak ada di rumah, dan pengirim juga tidak meninggalkan pesan pada kurir.

Hal ini bisa saja terjadi ketika pengirim paket mendadak punya urusan di luar dan tidak sempat untuk mengkonfirmasi penjemputan paket kepada SIGESIT.

Walhasil status resi menjadi “Paket gagal di pick up oleh SIGESIT”.

2.9. Layanan SiCepat Error

Layanan SiCepat bisa saja error akibat berbagai macam gangguan dari pusat, sehingga kurir juga tidak bisa melakukan pick up paket akibat penundaan sementara oleh perusahaan.

Bahkan pengirim juga tidak bisa menggunakan layanan SiCepat untuk sementara waktu akibat gangguan tersebut.

Sebab jika tetap dipaksakan, maka proses pengiriman paket oleh SiCepat juga akan mengalami kendala sampai masalah tersebut diselesaikan.

2.10. Kurir Mengalami Masalah Operasional

Jika kurir mengalami masalah operasional seperti terjadi kecelakaan saat di jalan, mesin motor yang dikendarai rusak, ban bocor, dan lain-lain pasti akan membuat penjemputan paket tertunda.

Hal ini pernah dialami oleh sebagian pembeli di Tokopedia ketika menggunakan jasa ekspedisi SiCepat.

Akhirnya saat penerima (pembeli) mengecek status resi pesanan di Tokopedia, ternyata muncul pemberitahuan bahwa paket gagal di pick up SIGESIT.

Dari sepuluh penyebab di atas, bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu lebih dalam yuk!

Halaman Selanjutnya
3. Cara Mengatasi Paket Gagal...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *