ADVERTISEMENT

Cara Jualan di Amazon dan Cepat Raup Dollar

Posted on 2 Jun 2022 By Mufid Hanif
ADVERTISEMENT

Ikuti cara jualan di Amazon di artikel ini, dan raup keuntungan dolar dengan menjual produk ke luar negeri.

Dengan semakin majunya teknologi Internet, semakin banyak juga orang yang berbelanja online, termasuk juga masyarakat di luar negeri. Jika di sini orang lebih sering menggunakan Shopee dan Tokopedia, orang Amerika lebih sering menggunakan Amazon.

Dengan berjualan di Amazon, kamu bisa membantu mengenalkan produk Indonesia di luar negeri. Selain kamu bisa dapat dolar, kamu juga menguntungkan negara dengan bertambahnya cadangan devisa negara.

ADVERTISEMENT

Makanya, jangan lewatkan kesempatan ini dan simak artikel ini sampai selesai.

Sekilas Mengenai Amazon

Amazon didirikan pada tahun 1994 Oleh Jeff Bezo. Mengambil dari nama sungai di Brazil, Bezo menginginkan perusahaan yang didirikannya supaya eksotik dan berbeda. Awalnya perusahaan ini dirintis sebagai toko buku online.

Kini, Amazon telah menjadi perusahaan raksasa degan salah satu fokusnya adalah platform jual beli online. Amazon sendiri menguasai sekitar 50% pangsa jual beli online di seluruh dunia. Menurut statista, angka penjualan di Amazon mencapai $460 triliun.

Pangsa pasar Amazon tersebar mulai dari Amerika Serikat, Jepang, China, dan Eropa. Menarik sekali kan untuk jualan di Amazon? Bisa dibayangkan, jka kamu berjualan di Amazon, ada banyak orang dari berbagai dunia yang bisa membeli darimu. Selain itu, kamu bisa dapat untung dolar loh.

ADVERTISEMENT

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Berjualan di Amazon

Sebelum mengikuti langkah cara berjualan di Amazon, kamu bisa mempersiapkan beberapa hal berikut. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti tutorial ini dengan lancar.

  • Alamat

Nantinya Amazon akan melakukan verifikasi alamat, jadi pastikan alamatmu valid dan bisa dijangkau oleh Amazon.

  • Credit Card

Amazon membutuhkan informasi kartu kredit bank kamu, sehingga Amazon bisa menarik biaya yang dibebankan kepada seller amazon. Kami akan membahas cara menggunakan VCC di bawah.

  • Nomor Telepon

Nomor telepon ini digunakan untuk fungsi verifikasi. Amazon akan mengirimkan kode OTP yang harus kamu masukkan. Ini penting untuk keamanan akunmu.

  • KTP

Amazon memerlukan informasi mengenai kartu Identitas yang dikeluarkan oleh negara. Sebagai warga Indonesia, maka kartu identitas yang berlaku adalah KTP.

ADVERTISEMENT
  • Informasi Pajak

Setiap pembelian, pasti ada keuntungan yang masik ke pajak negara. Untuk itu, Amazon memerlukan informasi nomor pajak atau NPWP.

Cara berjualan di Amazon

Setelah menegetahui Amazon dan mempersiapkan hal hal diatas, artinya kamu sudah siap untuk menjadi seller amazon. Ingin seera memulai berjualan di Amazon? Ikuti saja langkah berikut supaya bisa membuat seller account.

  1. Buka website penjual amazon, di sell.amazon.com
  2. buat akun dengan mengeklik tombol sign up
  3. Jika belum memiliki akun Amazon, klik “create your Amazon account”
    Masukan email dan password di kotak yang tersedia.
  4. Login dengan menggunakan email yang masuk di email
  5. Pilih negara dan tipe bisnis

 

  1. Masukan informasi mengenai data diri
  2. Verifikasi nomor handphone dengan OTP
  3. Masukan informasi tentang barang yang dijual
  4. Selesai

Catatan: pastikan informasi yang dimasukkan adalah valid dan akurat. Pihak Amazon akan melakukan pengecekan.

Fitur Seller Central Amazon

setelah mengikuti cara jualan amazon, kamu bisa menjadi seller amazon dan memanfaatkan banyak fitur yang tersedia di Amazon Seller Central seperti berikut

ADVERTISEMENT
  • Mengatur Seller Account

Kamu bisa mengganti deskripsi toko, header toko, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa membuat tokomu lebih profesional dan menarik.

  • Menambah Informasi Produk

Kamu bisa mengatur nama produk dan deskripsi produk. Buatlah nama produk yang bisa deitemukan oleh lebih banyak orang dengan memasukkan nama produk dalam berbagai Bahasa atau istilah. Masukkan juga detail informasi mengenai produk yang kamu jual, itu akan membantu pembeli menemukan barang yang tepat.

  • Mengatur inventarisasi barang

Kamu bisa memberikan informasi mengenai jumlah stok barang. bayangkan, jika stook barang kamu habis tetapi ada orang yang beli, ini akan merugikan karena kamu haru cancel. Agar hal tersebut tidak terjadi, selalu update stock barang.

  • Mengelola Pembayaran

Dengan mengetahui jumlah pembayaran, kamu bisa memperkirakan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Laju perputaran uang ini penting untuk pengambilan keputusan.

Cara Berjualan di Amazon Tanpa Kartu Kredit

Banyak yang bertanya, bagaimanakah cara jualan di amazon tanpa kartu kredit? Apakah bisa berjualan di Amazon tanpa Kartu Kredit?

Ketika mendaftar berjualan di Amazon, kamu akan dikenai biaya $ 0.99 untuk personal sementara untuk akun profesnional dikenai biaya $1,99. Biaya ini dikenakan untuk operasional amazon. Anggap saja biaya ini sebagai biaya sewa lapak kamu berjualan di amazon.

Untuk membayarnya, Amazon menuliskan harus menggunakan credit card. Namun, bagaimana jika kita tidak memiliki credit card?

Ecwid.com menyebutkan bahwa Amazon tidak menerima kartu kredit prabayar seperti paypal. Amazon hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit atau debit Amex, Visa dan Mastercard.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Mudah Cocok Bagi Pemula [+Lengkap]

26 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Walau sudah menjadi markteplace yang terkenal ternyata masih banyak yang belum tau cara belanja di Alibaba. Untuk itu pada artikel ini Anda akan dipandu dengan mudah dan lengkap supaya bisa …

Gaji Kurir J&T Terbaru & Terlengkap [Rincian, Syarat & Cara Daftarnya]

26 Jan 2022 BY Ayu Triworo

J&T merupakan memiliki >30.000 tenaga SDM dan >4000 titik operasi di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai salah satu jasa ekspedisi lokal terbesar, berapa sih besaran gaji kurir J&T. Jika gaji kurir …

6 Peluang Usaha Waralaba Jasa Kurir Terbaik di Indonesia, Ini Syaratnya!

16 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Pengen jadi agen ekspedisi gratis atau buka bisnis kurir rumahan yang mudah dan murah? Berikut 6 peluang usaha waralaba jasa kurir terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba untuk bisnis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *