20+ Contoh Surat Pesanan Barang Kantor & Perusahaan Terlengkap

Ayu Triworo 02 Jun 2022 9 Menit 0

Surat pesanan barang adalah dokumen penting yang sering dipakai dalam transaksi bisnis online maupun offline. Pedagang baik skala kecil sampai besar perlu tahu bagaimana contoh surat pesanan barang yang baik dan benar.

Tentu setiap bisnis memiliki surat pesanan yang berbeda-beda, meksipun secara umum fungsinya sama. Misal, surat pesanan barang atk berbeda dengan surat untuk pemesanan makanan, obat atau produk lainnya.

Nah di artikel ini kami akan sajikan beberapa contoh surat pesanan barang dalam bentuk doc dan gambar untuk beberapa jenis usaha. Kalian bisa gunakan sebagai referensi. Selamat menyimak!

Apa Itu Surat Pesanan Barang atau Jasa?

Surat pesanan barang atau jasa adalah surat resmi yang digunakan pembeli untuk melakukan pemesanan barang / jasa pada sebuah toko atau tempat usaha.

Surat ini biasa dipakai untuk membeli barang dalam jumlah besar atau banyak. Fungsinya untuk meminimalisir kesalahan dalam pemesanan. Biasanya surat pesanan dibuat oleh pembeli dan dikirim atas kehendak sendiri atau sebagai balasan dari surat penawaran dari pihak penjual.

Meskipun lebih banyak dipakai pembeli, surat ini terdapat di perusahaan yang berperan sebagai distributor. Misalnya, surat pesanan barang kantor, surat pesanan dari sekolah, pemerintah, dll.

Dan umumnya, surat pesanan barang dipersiapkan oleh penjual yang nantinya digunakan oleh si calon pembeli.

Di jaman teknologi seperti sekarang, surat pesanan barang ternyata masih eksis di kalangan pengusaha. Sebab, surat semacam ini dinilai lebih efektif mengurangi kesalahan saat memesan barang.

Berbeda jika pembeli melakukan pemesanan via telepon, email atau perpesanan. Masih ada peluang untuk melakukan kesalahan saat mendata jumlah pesanan.

Oleh karena itulah, penggunaan surat ini masih bertahan sampai sekarang dan masih banyak dipakai untuk jualan online.

Apa Sajakah Isi dari Surat Pesanan Barang?

Surat pesanan barang merupakan salah satu surat niaga resmi. Sehingga bentuk dan isi surat menggunakan format penulisan formal layaknya surat resmi lainnya. Misalnya, menggunakan kop / kepala surat, nomor, alamat, isi, sampai penutup.

Secara lebih lengkap, berikut poin-poin yang perlu tercantum di dalam surat pesanan barang atau jasa:

  • Kepala/ kop surat, terdiri dari nama perusahaan dan alamat perusahaan / toko.
  • Nomor surat
  • Tanggal surat
  • Perihal
  • Alamat tujuan surat
  • Isi surat (pembukaan, daftar pemesanan barang, penutup)
  • Nama / pihak pengirim surat.

Bagaimana Cara Membuat Surat Pesanan Barang?

Cara membuat surat pesanan bukanlah hal yang sulit karena strukturnya mirip dengan surat formal lainnya. Hanya saja, selain memahami tentang kewirausahaan. Kamu juga perlu mengetahui seperti apa kerangka dan cara penulisan surat niaga resmi.

Mengetahui bagaimana contoh surat pesanan yang baik dan benar sangat penting terutama bagi pebisnis. Secara surat ini merupakan salah satu dokumen yang sering dipakai saat transaksi. Dengan begitu akan mengurangi kesalahan dalam pemesanan yang berujung pada kerugian.

Nah, sebagai pebisnis mungkin kamu agak kesulitan memahami teknik penulisan surat ini. Sambil belajar, kamu bisa simak daftar contoh surat pesanan barang dan jasa berikut sebagai referensi.

10+ Contoh Surat Pesanan Barang dan Jasa

Contoh membuat surat pesanan barang secara umum agak mirip dengan surat niaga resmi lainnya. Yang membedakan hanyalah isi dari surat yang berisi daftar pemesanan barang / jasa tertentu.

Biar tidak bingung, kamu bisa lihat beberapa contoh dalam format block style dan semi block style di bawah ini.

1. Contoh Surat Pesanan Kantor

Surat pesanan kantor biasanya digunakan untuk membeli barang kebutuhan kantor, seperti pesanan barang ATK, elektronik, surat menyurat, komputer, laptop dan lain sebagainya.

Surat ini biasanya dibuat atas inisiatif sendiri ataupun merupakan balasan atas penawaran dari pihak toko atau perusahaan. Beberapa surat juga dibuat berdasarkan iklan dari TV maupun sosial media.

Berikut beberapa contohnya:

PT. Niagara Finance

Ruko Raidah Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Jakarta 670977

Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925

Website: www.niagarafinance.com Email: info@niagarafinance.com

================================================================================

Halaman Selanjutnya
Jakarta, 02 Juni 2022...

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.