ADVERTISEMENT

Arti Kode & Istilah Pengiriman Ninja Xpress Yang Wajib Kamu Tahu!

Posted on 9 Nov 2021 By Ayu Triworo

Tidak sedikit pelanggan Ninja Xpress masih kebingungan membaca data yang tampil saat melacak paket.  Untuk itu, postingan kali ini akan menyajikan informasi lengkap mengenai arti kode dan istilah pengiriman Ninja Xpress.

Kami menyajikan beberapa informasi penting yang bisa kamu lihat di menu Daftar Isi berikut ini. 

Silahkan klik pada menu informasi yang kalian butuhkan. Atau langsung scroll ke bawah karena ada banyak hal menarik yang wajib kamu tahu!

Cek Resi Ninja Xpress

Kode dan istilah status pengiriman Ninja Xpress akan ditampilkan ketika kamu cek resi di situs web Ninja Xpress. Buat yang belum tahu bagaimana cara ceknya, bisa lihat tutorial singkat berikut ini. 

ADVERTISEMENT

Sebelum itu, pastikan kamu sudah punya nomor resi sebagai satu-satunya syarat untuk melacak paket. Jika sudah, perhatikan gambar berikut dan ikuti tutorialnya. 

cek resi pengiriman ninja xpress

Sumber gambar: Pintarjualan.id

  • Kunjungi halaman ninjaxpress.co/id-id/tracking.
  • Masukkan nomor resi Ninja Xpress di kolom “Masukkan tracking ID paket”.
  • Klik kolom Lacak Paket di sebelah kanan. 

Dalam beberapa saat, situs web akan menampilkan detail kode Ninja Xpress. Kode tersebut adalah informasi yang menunjukkan status terkini dan riwayat pengiriman paket.  

Baca juga yuk daftar tarif ongkir Ninja Xpress buat kamu yang suka kirim barang lewat ekspedisi ini.

Contoh Resi Ninja Xpress

Setelah mengikuti langkah tracking barang seperti di atas, kamu akan mendapati tampilan seperti di bawah ini.

ADVERTISEMENT

contoh pengiriman ekspedisi ninja xpress

Sumber gambar: Pintarjualan.id

Bisa dilihat ada sejumlah kode yang mengisyaratkan status pengiriman paket. Nah, lantas apa sih kode Ninja Xpress ini?

Kode Ninja Xpress adalah istilah khusus untuk status pengiriman Ninja Xpress yang tampil ketika cek resi Ninja Xpress. Dari data kode istilah tersebut kamu bisa mengetahui posisi paket lengkap dengan riwayat pengirimannya. 

Secara umum, kamu akan menjumpai 3 aspek utama yang tampil saat nomor resi dilacak:

1. Informasi Paket

Berisi data pemesanan paket Ninja Xpress yang mendeskripsikan:

  • nama pengirim, 
  • jenis pengiriman, 
  • metode pembayaran, dan 
  • catatan khusus yang ditujukan ke kurir. 

2. Riwayat Pelacakan

Adalah data yang menampilkan proses dan tahapan pengiriman paket yang dimulai dari proses membuat pesanan hingga paket sampai ke alamat tujuan. 

Nah, pada bagian inilah kamu akan menemukan berbagai kode dan istilah yang mungkin cukup membingungkan. Hal ini disebabkan istilah-istilah tersebut tidak dijabarkan secara lebih detail.

 3. Bukti Pengiriman

Bagian ini akan muncul apabila paket sudah sampai ke alamat penerima sebagai bukti bahwa pengiriman paket sudah selesai.  Bukti pengiriman akan muncul disertai data nama penerima dan tanda tangan penerima.

ADVERTISEMENT

Itulah sebabnya, penting untuk memberikan tanda tangan ketika kamu menerima paket dari kurir karena sebagai bukti bahwa paket sudah sampai.

Penasaran dengan kode & istilah pengiriman di ekspedisi lainnya? Baca juga artikel berikut:

“Info Lengkap Proses Pengiriman Paket TIKI [+Penjelasan Istilah/Kodenya]”

Kode & Istilah Ninja Xpress & Artinya

Umumnya, istilah kode yang muncul pada saat cek resi Ninja Xpress lumayan jelas dan mudah dipahami. Hanya saja, kata dan kalimat yang dipakai terlampau singkat dan kurang detail sehingga rentan membuat sebagian customer bingung. 

Bahkan, beberapa istilah yang dipakai ekspedisi Ninja Xpress juga ada yang menggunakan Bahasa Inggris yang kurang begitu familiar bagi masyarakat awam. Misalnya saja, Ninja Van, Ninja Point, dll.

Nah untuk itu, yuk ketahui lebih jelas arti berbagai istilah yang kerap dipakai pada pengiriman Ninja Xpress di tabel berikut ini.

Istilah Pengiriman

Artinya

PickupKurir mengambil paket ke alamat pengirim
SortingProses pengelompokan paket berdasarkan jenis barang & alamat kota yang sama
Pending PickupPaket tertunda karena masih ada di lokasi pengirim dan sedang menunggu penjemputan oleh kurir
Arrived at sorting HUBPaket baru sampai di gudang dan masih dalam pemrosesan (sortir)
En-route to sorting HUBPaket sudah diambil dari pihak pengirim dan sedang dibawa oleh kurir
On Vehicle for DeliveryPaket sedang dibawa kurir untuk dikirim ke alamat penerima
CompletedPengiriman paket sukses / sudah sampai pada pihak penerima dengan baik 
Pending ReschedulePengiriman paket tertunda karena sebab tertentu dan sedang dibawa kurir sembari menunggu jadwal untuk diantar ulang
Completed RTSPaket sudah dikirim ke alamat pengirim 
CancelledPembatalan pengiriman oleh Ninja Xpress karena alasan tertentu (biasanya karena sudah dikirim beberapa kali tapi tidak kunjung sampai ke pihak penerima)
Transferred to 3PLPaket dikirimkan ke jasa pengiriman lain yang bekerja sama dengan Ninja Xpress
Dalam Proses – Transit Lokasi/ Lokasi: Arrived at Sorting HUBPaket sampai gudang dan sedang disortir sebelum dikirim ke lokasi penerima
Dalam Proses – Kota PengirimPaket masih berada di kota atau lokasi pihak pengirim atau agen atau sedang dalam perjalanan ke gudang Ninja Xpress. 
On Vehicle for DeliveryPaket keluar gudang sudah selesai disortir dan sedang dalam proses pengiriman ke alamat penerima
ReceiverNama penerima paket
Successful DeliveryPengiriman sukses, paket telah diterima
HUBGudang
ParcelPaket 
Fasilitas SortasiProses penyortiran paket di gudang Ninja Xpress
Gudang Ninja VanIstilah lain gudang penyimpanan paket kiriman Ninja Xpress
Ninja PointKantor kemitraan / kurir Ninja Xpress

Daftar Arti Istilah Pengiriman Ninja Xpress

Selain beberapa kode dan istilah di atas, kamu juga akan menemukan informasi runtut ketika melacak paket. Agar dapat membaca informasi riwayat pelacakan dengan mudah dan benar, simak tabel di bawah ini.

ADVERTISEMENT
Istilah

Artinya

Pesanan dibuatPesanan sudah terdaftar di sistem data Ninja Xpress
Parcel diturunkan di Parcel Dropoff Counter/Box MitraPaket telah berada di kantor Ninja Point atau Mitra Ninja yang tersebar di kota & kabupaten seluruh Indonesia
Berhasil dijemput dari pengirimPaket sudah diambil kurir dari pihak pengirim dan sedang dibawa ke kantor Ninja Point
Parcel sedang diproses di gudang Ninja VanPaket sudah masuk gudang dan sedang dalam penyortiran sesuai alamat dan jenis barang
Berangkat dari gudang Ninja Van – Sedang transitPaket sedang dikirim dari gudang Ninja Xpress terdekat dengan alamat asal pengiriman ke gudang selanjutnya
Parcel sedang dikirimPaket sudah disortir di gudang Ninja Xpress dan sedang diantar kurir menuju alamat penerima 
Berhasil dikirimPengiriman selesai, paket sudah sampai ke alamat penerima 
Pengiriman tidak berhasilPaket yang dikirimkan mengalami masalah sehingga belum berhasil diantar ke alamat tujuan. Segera hubungi CS jika menemukan istilah seperti ini.
Pengiriman paket telah dijadwal ulangMasalah pengiriman paket teratasi dan sudah dijadwalkan untuk dikirim ulang
Pengiriman paket telah dibatalkanPaket mengalami kendala yang tidak bisa teratasi / tidak bisa dikirim ke alamat penerima sehingga proses pengiriman dibatalkan

Istilah di atas sudah kami urutkan berdasarkan kronologi pengiriman paket dari awal dikirim hingga sampai ke alamat penerima. Semoga dapat dipahami dengan mudah. 

Ohya, perlu diingat untuk membaca istilah dalam Riwayat Pengiriman itu urut dari bawah ke atas ya, bukan sebaliknya. Jadi, data yang berada di paling atas adalah status pengiriman terkini saat kamu melakukan pelacakan. 

Baca Juga: Inilah 30+ Istilah Pengiriman Barang JNE yang Wajib Kamu Ketahui.

Informasi Seputar Pengiriman Ninja Xpress

Kamu masih punya banyak pertanyaan terkait kode dan istilah di Ninja Xpress? Simak daftar FAQ berikut, siapa tahu ada pertanyaan yang mewakili masalahmu. 

Bagaimana Kalau Pengiriman Gagal?

Nah, gimana sih kalau mengalami pengiriman gagal Ninja Express? Bisa dilihat di tabel, pengiriman yang sudah dibatalkan biasanya tidak bisa diperbaiki. 

Jadi, ketika kamu mendapati notifikasi “pengiriman tidak berhasil” saat melacak paket, segera hubungi call center di (021) 2926 4120 . Atau bisa juga dengan mengirimkan email ke alamat support_id@ninjavan.co.

Harapannya pihak CS segera mencarikan solusi terbaik atau menjadwalkan ulang pengiriman paketmu. 

Jangan lupa untuk menyiapkan nomor resi jika sewaktu-waktu ditanyakan oleh pihak CS Ninja Xpress. Biasanya kamu hanya akan diminta nomor resi untuk memproses keluhan atau masalah.  

Apa Arti Berangkat dari Gudang Ninja Xpress – Transit?

Istilah ini mengisyaratkan bahwa paket sedang dikirim dari Gudang Ninja Xpress terdekat dari lokasi pengirim yang ke Gudang Ninja Xpress selanjutnya menuju ke alamat penerima. 

Umumnya, paket akan mampir terlebih dahulu ke gudang di beberapa kota. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 1 – 2 hari. 

Apa Arti On Hold Ninja Express?

Istilah ini sama dengan Pending Reschedule yang artinya paket sudah diantar sebanyak 2x namun belum juga sampai ke alamat penerima. Atau dengan kata lain tidak ada orang yang menerima paket sehingga paket untuk sementara tertahan di kurir. 

SH Cakung Ninja Express Artinya Apa?

Istilah ini menunjukkan bahwa paket sudah berada di gudang Ninja Van di kawasan SH Cakung (salah satu wilayah di Jakarta). Untuk pengiriman di daerah berbeda, nama gudang tentu juga akan berbeda. 

Sedang Transit Maksudnya?

Paket sedang transit atau mampir di gudang Ninja Xpress tertentu untuk disortir menuju alamat penerima. 

Baca Juga: Arti Kode & Istilah Proses Pengiriman Barang Lion Parcel.

Berapa Lama Paket Disorting HUB?

Penyortiran paket di gudang Ninja Xpress biasanya tidak memakan waktu lama, yakni sekitar 1 sampai 2 hari. Namun, lamanya waktu penyortiran juga berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi. 

Pengiriman Ninja Xpress Berapa Lama?

Layanan pengiriman Ninja Xpress mempunyai estimasi pengiriman mulai dari 1 hingga 5 hari kerja. Namun, lamanya pengiriman bisa lebih cepat atau lambat tergantung jarak dan layanan yang digunakan.  

Apa Arti Pesanan Telah Dikirim oleh Jasa Pengiriman Ninja Van?

Artinya, pesanan atau paket kamu sudah sampai di gudang Ninja Xpress di wilayahmu, sudah selesai disortir dan sudah dalam proses pengantaran ke alamat kamu.

Apakah Ninja Express Sama dengan Ninja Van ID?

Sama. Ninja Van adalah istilah lain kurir pengiriman di Ninja Xpress.

Baca Juga: Arti Kode & Istilah Proses Pengiriman Barang AnterAja.

Penutup

Itulah daftar lengkap istilah pengiriman Ninja Xpress yang bisa dijadikan bahan referensi. Apabila masih ada informasi yang membingungkan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. 

Jangan mau ketinggalan, dapatkan info menarik seputar aplikasi, tips, teknologi, digital marketing dan lainnya di Plugin Ongkos Kirim. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa beri tanda 💓 di kolom komentar dan bagikan ke pengguna lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Apa Perbedaan Pengiriman Same Day dan Instant Courier?

18 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Sudah pada tau belum dengan adanya layanan kilat yaitu Same Day dan Instant Courier. Kali ini kita akan bahas perbedaan Same Day Instant Courier. Semua perbedaannya akan kita bahas di …

7 Aplikasi Modifikasi WhatsApp dengan Fitur Canggih

13 Agu 2020 BY Fadhil Guntur Ashari

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna paling besar. Namun, keterbatasan WhatsApp dalam menyediakan berbagai macam fitur memicu pengguna untuk melirik aplikasi lain. Salah satu contoh kekurangan WA adalah karakter …

Cara Transfer Bank BRI Lewat ATM, SMS, Mobile & Internet Banking BRI

28 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara transfer bank BRI dimana terdapat beberapa metode transfer. Bisa lewat Mesin ATM BRI, Mobile Banking BRI, Internet Banking BRI dan juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *