11 Jasa Ekspedisi Yang Bisa COD Tanpa Marketplace

Anisa 11 Jul 2023 4 Menit 0

Banyak jasa pengiriman barang di Indonesia saat ini yang meyalani sistem COD (Cash on Delivery). Jasa ekspedisi yang bisa COD sejauh ini adalah J&T, JNE, TIKI, SAP Express, Pos Indonesia, Shopee Express, dan lain-lain.

Layanan COD biasanya dipilih karena pembeli atau penerima barang sedang tidak memiliki saldo dalam e-wallet, tidak memiliki e-banking, dan ingin memastikan bahwa barang-barang benar diantar sampai ke rumahnya.

Tingginya permintaan tersebutlah yang membuat layanan COD ditawarkan oleh berbagai jasa kurir yang beroperasi di Indonesia untuk memuaskan pelanggannya.

Apa saja jasa ekspedisi yang melayani COD tanpa melalui marketplace?

1. Daftar Ekspedisi yang Bisa COD

Mau tahu apa saja ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace dengan biaya ongkir terjangkau?

Berikut ini daftar jasa kurir pengiriman paket yang menyediakan layanan COD:

1. 1. J&T Express

Ekspedisi apa saja yang bisa cod

Source: instagram. Com/jntexpressid

Ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace adalah J&T Express. Anda dapat menggunakan layanan COD J&T tanpa ada berat paket minimun. Sangat bermanfaat bagi Anda yang punya bisnis online.

Cara COD J&T Express tanpa marketplace juga sangat mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor agen terdekatnya, kemudian katakan ingin menggunakan layanan COD.

Mau tahu cara kirim paket COD tanpa aplikasi? J&T Express solusinya!

1.2. JNE

JNE juga punya layanan COD (Cash on Delivery), hanya saja bagi para customer atau penjual nonmarketplace (dari luar marketplace) yang hendak menggunakan sistem ini harus melampirkan beberapa persyaratan.

Sebut saja seperti fotokopi KTP, NPWP, Fotokopi buku rekening, mengisi form CS3, dan sebagainya.

Tarif ongkir COD JNE termasuk yang paling terjangkau dan cepat.

1.3. SiCepat

Cara COD SiCepat tanpa marketplace adalah pelanggan harus menggunakan beberapa aplikasi yang sudah terintegrasi dengan jasa ekspdisi ini. Contohnya pakai aplikasi Clodeo, Berdu, SmartSeller, BukaSend, BosCOD, dan lain-lain.

Seperti yang diketahui bersama, layanan COD SiCepat sejauh ini baru tersedia di marketplace saja, sehingga Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga yang juga terhubung dengan SiCepat.

1.4. Pos Indonesia

Jasa ekspedisi yang bisa cod

Source: instagram. Com/posindonesia. Ig

Ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace berikutnya adalah Pos Indonesia dengan biaya untuk kurir 1% akan dibebankan kepada Anda sebagai seller (pengirim barang) atau penerima paket, tergantung kebijakan kedua belah pihak.

Sama halnya dengan JNE, Anda harus mendaftarkan sebuah akun, kemudian menyiapkan beberapa persyaratan seperti KTP, nomor HP yang aktif, email aktif, daftar aplikasi PosPay, dan sebagainya untuk bisa menggunakan layanan COD Pos Indonesia.

Nantinya dengan aplikasi tersebut, Anda dapat melihat info proses pengiriman Pos Indonesia secara terperinci.

1.5. SAP Express

SAP Express masuk ketegori ekspedisi yang bisa COD tanpa melalui Shopee, Blibli, Tokopedia, maupun Lazada.

Syaratnya adalah mendaftar sebagai member atau customer (ch), kemudian membayar biaya member atau jaminan senilai Rp300.000,00.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dari rumah, coba gunakan SAP. Jasa kurir ini juga bisa pick up paket gratis sesuai jadwal yang telah Anda atur.

1.6. Lion Parcel

Lion Parcel juga menyediakan layanan COD yang dapat diakses melalui aplikasi Lion Parcel.

Jadi, bagi pengguna yang hendak menggunakan COD Lion Parcel wajib download aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store atau Apple Store.

Pengguna bisa memilih pick up COD apabila ingin paketnya diambil oleh kurir Lion Parcel atau Drop COD jika ingin mengantarkan paket secara langsung melalui kantor agen Lion Parcel terdekat.

Untuk menggunakan layanan COD Lion Parcel, minimal paket yang akan dikirim bernilai Rp50.000 dan maksimal Rp5.000.000 dengan metode pengiriman REGPACK.

1.7. Ninja Express

Ninja Express menyediakan layanan COD guna memudahkan para pengusaha online, terutama UMKM agar transaksi pembayarannya jadi lebih mudah.

Halaman Selanjutnya
Bagi Anda yang tidak berjualan...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *