Biaya Packing Kayu TIKI dan Ongkos Kirim Laptop, Dokumen, dan Lainnya

Amin 07 Mar 2023 5 Menit 0

Selain mempertimbangkan lama waktu pengiriman TIKI, bagi kamu yang ingin mengirim barang fragile maupun elektronik, perlu mengetahui biaya packing kayu TIKI juga.

Hal ini dapat membantu kamu untuk membandingkan dengan jasa packing kayu SiCepat. Atau kamu juga bisa membandingkannya dengan harga jasa packing kayu JNE.

Packing kayu atau timber packaging adalah salah satu jenis packing yang kokoh, jadi untuk pengiriman biasa maupun pengiriman cargo memiliki level keamanan yang baik.

Lantas jenis paket barang seperti apa yang bisa packing menggunakan kayu di TIKI? Berapa harga packing kayu di TIKI? Apa saja ketentuan dan keuntungannya? Di mana saja kamu bisa packing kayu TIKI?

Artikel ini menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Markimak. Mari kita simak 😉

Jenis Barang yang Bisa Packing Kayu di TIKI

Packing menggunakan kayu memang sedikit agak mahal daripada packing reguler yang hanya menggunakan kardus, kertas atau bubble wrap. Hal tersebut dikarenakan jenis packing ini bisa memproteksi barang lebih aman dan kokoh.

TIKI menyediakan packing kayu untuk beberapa jenis barang yang mudah rusak jika tidak tutup dengan rangka yang kokoh. Berikut adalah jenis-jenis barang yang dapat di-packing kayu di TIKI.

  1. Untuk barang sifatnya mudah pecah belah. Contoh kategori barang ini adalah seperti gelas, piring,
  2. Untuk barang elektronik. Contoh kategori barang elektronik seperti smartphone, TV, laptop
  3. Untuk barang yang mudah rusak. Contoh kategori ini adalah meja, alat musik, almari, kursi, lapu tidur.
  4. Untuk barang dengan nilai tinggi. Contoh kategori ini adalah dokumen Ijazah, BPKB, STNK.

Biaya packing kayu tiki

Biaya Packing Kayu TIKI dan Ongkos Kirimnya

Lalu, berapa jasa packing kayu melalui TIKI? Harganya berbeda-beda, tergantung pada dua hal berikut ini:

  1. Jenis barang yang dikirim, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya; dan
  2. Dimensi barang atau berat barang yang akan dikirim dengan packing kayu.

Sebenarnya, dari pihak TIKI sendiri tidak mempubliasikan biaya resmi packing kayu. Namun jika merujuk harga kayu untuk packing di berbagai marketplace, perkiraan harganya mulai dari Rp.30.000 hingga Rp.100.000.

Memang harga tersebut adalah kayu packing yang bisa kamu beli di marketplace. Namun jika packing di TIKI, maka keuntungannya adalah biaya packing kayu di TIKI sudah termasuk dalam asuransi.

Normalnya, biaya packing kayu di TIKI ini nanti langsung diakumulasi jadi satu dengan biaya ongkos kirim TIKI yang dihitung berdasarkan:

  1. Berat paket TIKI per kg
  2. Jarak pengiriman paket

Untuk menghitung biaya pengiriman berdasarkan berat paket dan jarak pengiriman, kamu bisa langsung cek tarif ongkos kirim TIKI secara gratis. Di fitur tersebut, kamu bisa mendapatkan datanya secara relatif akurat.

Oh, ya! Apabila kamu sudah yakin untuk memakai jasa packing kayu dari TIKI dan berencana mengunjungi kantornya, kamu perlu cek jam kerja TIKI dan memahami beberapa syaratnya di bawah ini.

Syarat, Ketentuan dan Keuntungan Packing Kayu di TIKI

Berikut ini beberapa syarat, ketentuan dan keuntungan melakukan packing kayu di TIKI yang dapat kamu pertimbangkan. Untuk beberapa poin berikut, kamu dapat persiapkan sebelum berangkat ke kantor TIKI.

1. Wajib menyertakan informasi lengkap

Biaya packing kayu tiki

Jika kamu hendak mengirim paket dengan packing kayu di TIKI, kamu wajib memberikan informasi lengkap tentang isi barang serta nama, alamat lengkap, hingga nomor HP pengirim dan penerima.

Oh, ya. Pastikan kamu juga menempel informasi pengiriman lengkap setelah dipacking kayu. Sehingga label pengirimannya terlihat jelas oleh kurir pengiriman.

Dengan menyertakan inforamasi lengkap, proses pengiriman paket TIKI diharapkan bisa lebih mudah dan sampai ke tujuan pengiriman sesuai dengan estimasi waktunya.

2. Paket dibungkus rapi

Jika sudah membuat label pengiriman yang memuat informasi lengkap, selanjutnya kamu perlu membungkus paket tersebut dengan rapi. Jangan lupa juga untuk menutup paket dengan bubble wrap.

Penggunakan bungkus yang berlapis-lapis dapat meningkatkan keamanan dari isi paket itu sendiri. Jadi, meski akan ditutup dengan packing kayu, bagian dalamnya juga perlu diproteksi dengan jenis packing biasa.

3. Tambahkan label fragile

Biaya packing kayu tiki

Selain packing kayu itu sendiri untuk meningkatkan keamanan, kamu juga perlu menambahkan label Fragile atau mudah pecah, pada sisi luar packing kayu tersebut.

Label ini penting untuk memberi tahu kurir bahwa barang yang ada di dalamnya mudah pecah atau rusak. Dengan begitu, harapannya kurir lebih berhati-hati ketika memindahkan barang tersebut dari satu tempat ke yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
4. Sudah termasuk asuransi...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Amin
Ditulis oleh

Amin

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.